PATROLI GABUNGAN BEA CUKAI ENTIKONG


 PERBATASAN INDONESIA RAWAN PENYELUDUPAN

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA, MELALUI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI ENTIKONG KALIMANTAN BARAT, SECARA RUTIN MELAKSANAKAN PATROLI DI WILAYAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA. HAL INI DISEBABKAN KARENA PADA MASA PANSEMI COVID 19, BORDER TEBEDU MALAYSIA DITUTUP, SEHINGGA DINILAI RAWAN TERJADI TINDAK PENYELUDUPAN MELALUI JALUR TIDAK RESMI. UNTUK ITU KANTOR PELAYANAN BEA DAN CUKAI GELAR PATROLI GABUNGAN BERSAMA APARAT TNI POLRI DAN INSTANSI TERKAIT.

KEPALA BEA CUKAI ENTIKONG RISTOLA NAINGGOLAN MENJELASKAN, PATROLI INI DILAKUKAN DALAM KAWASAN HUTAN DAN JALAN TIKUS YANG MENGUBUNGKAN KEDUA NEGARA. AKSES INILAH SERING DIMANFAATKAN OKNUM UNTUK MELAKUKAN TINDAKAN PENYELUDUPAN. BERSAMA SATGAS PERBATASAN, APARAT BEA DAN CUKAI MENYISIR JALAN JALAN TIKUS SERTA JALAN JALAN YANG MENJADI AKSES WARGA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS BERKEBUN DAN BERLADANG DI KECAMATAN SEKAYAM DESA LUBUK SABUK DUSUN SEGUMUN KABUPATEN SANGGAU.

“PATROLI KALI INI MELIBATKAN IMIGRASI, CUSTOM DAN QUARANTINE (ICQ) YANG ADA DIPERBATASAN SERTA TNI-POLRI KHUSUSNYA SATGAS PAMTAS YONIF MEKANIS 643/WANARA SAKTI. PATROLI INI UNTUK ANTISIPASI TINDAKAN ILLEGAL YANG DILAKUKAN OKNUM UNTUK MEMBAWA DAN MEMASUKKAN BARANG. KARENA KITA BICARA DALAM KONTEKS KEPABEANAN, TENTU KITA FOKUSKAN PADA PENGAWASAN BERUPA BARANG ILLEGAL. NAMUN DALAM SINERGI INI, TENTU BANYAK ASPEK JUGA YANG KITA AWASI”

LUASNYA WILAYAH YANG HARUS DIPANTAU, MENURUT RISTOLA NAINGGOLAN, SEMUA APARAT DAN MASYARAKAT HARUS IKUT BERPARTISIPASI DALAM MENGAWASI KELUAR DAN MASUKNYA BARANG PADA WILAYAH PERBATASAN INI. BELAKANGAN INI JUGA SERING DITEMUKAN KASUS PENYELUDUPAN BARANG NARKOTIKA YANG DAPAT MERUGIKAN GENERASI BANGSA KETIKA BARANG INI LOLOS DARI PEMANTAUAN. UNTUK KEDEPANNYA DIHARAPKAN DAPAT MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG PENGAWASAN PADA WILAYAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA. PATOLI INI JUGA SEBAGAI BENTUK NEGARA HADIR UNTUK MENCIPTAKAN KEAMANAN KEPADA MASYARAKAT SEKITAR.

Sumber : Kontributor Entikong Agus Alfian

Penulis : Darius Tarigan





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .