Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti Pontianak Siap Terapkan Kampus Merdeka


 

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang cukup dikenal di Kalimantan Barat dan Indonesia, Universitas Panca Bhakti Pontianak terus berbenah dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif dan inovatif. Pembenahan dilakukan baik dari segi peningkatan kualitas perkuliahan maupun dari segi sarana dan prasarana.
 
Sebagai contoh, Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti dalam upayanya menerapkan program  Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Hal itu sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.


Fakultas Ekonomi UPB Pontianak sampai saat ini memiliki 2 program studi yaitu prodi manajemen dan prodi akuntansi. Mahasiwa yang menggali ilmu tentang ekonomi dan akuntasi tersebut terbagi  pada kelas pagi reguler, dan kelas sore
. Untuk kelas sore umumnya didominasi oleh mahasiswa yang sudah bekerja, dan waktu perkuliahannya, pihak kampus mengupayakan agar mahasiswa yang ikut dalam tugas belajar dari instansi tersebut dapat menyesuaikan jadwal perkuliahan, yakni dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu.




Dekan fakultas ekonomi UPB Pontianak, Endang Kristiawati, S.E., M.Si. Ak menjelaskan, bahwa penerimaan pada tahun ajaran 2021/2022 telah dibuka dan akan ditutup awal september nanti. Metode pendaftraan juga dapat dilakukan langsung ke akademik serta dapat juga dilakukan secara online. Untuk itu pihaknya mengajak semua calon mahasiwa yang ingin meningkatkan kompetensi dibidang ekonomi agar tidak segan-segan bergabung di fakultas ekonomi.


“Kita sudah mulai buka sejak beberapa bulan lalu untuk pendaftaran mahasiswa baru pada fakultas ekonomi, dan sampai sekarang sudah cukup banyak ya, ada sekitar tigaratusan pendaftar. Dan untuk pendaftaran terakhir nantui ditutup pada tanggal 4 september 2021” , ujarnya, Jumat, (27/8/2021).

Endang meanmbahkan, pada masa perkuliahan di fakultas ekonomi UPB Pontianak, mahasiwa juga telah diberikan kegiatan berupa praktik langsung melalui aplikasi dunia kerja. Dan untuk kedepannya pihak fakultas akan terus melakukan terobosan membiasakan mahasiswa dengan kegiatan riset.


“Untuk terobosan kedapan, kami selalu berusaha untuk mengarah kepada riset. Karena kita juga mengarah ke MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), maka kami inin melibatkan banyak mahsiswa untuk ikut didalam riset. Dengan tujuan supaya mereka banyak mendapatkan wawasan dan pengetahuan. Karena harapan kita besar sekali, mahasiswa tidak hanya bersaing ditingkat nasional tetapi juga ditingkat internasional”, imbuhnya.

 

“Kuliah di fakultas ekonomi UPB Pontianak tidak sekedar mendapatkan ilmu saja, tetapi banyak juga praktek kita libatkan. Karena disini kita memang lebih menonjolkan kewirausahaan ya, sehingga e_commercenya dipemasaran, kemudian untuk akuntansi kita ikutkan praktek langsung dilapangan, visit company, nah, itu nanti akan jadi bekal mereka untuk bekerja”, pungkasnya.

 

Sampai saat ini lulusan dari fakultas ekonomi UPB Pontianak sudah mencapai ribuan alumni dan sudah tersebar diberbagai wilayah di Indonesia. Baik pada instansi pemerintah, legislatif dan dunia perbankan.

 

Penulis : Darius Tarigan





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .