Persiapan puncak latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 641/Beruang, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meninjau daerah latihan Puslatpur Kodiklatad, Martapura, Oku Timur, Sumatera Selatan, Selasa (31/8/2021).



Peninjauan kali ini dilaksanakan bersama dengan Danpuslatpur Kodiklatad, Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc. Pemantauan latihan dilaksanakan melalui udara dengan menggunakan helikopter Belt milik TNI Angkatan Darat.




Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., mengatakan, Pangdam dan Danpuslatpur meninjau lokasi yang akan dijadikan lokasi pendaratan pasukan menggunakan helikopter (Fast Roping).


"Nantinya pasukan akan diturunkan dari Helikopter dengan menggunakan tali. Ini merupakan simulasi pengiriman pasukan yang tidak dapat dijangkau dengan kendaraan darat dimana pada saat turun bertumpu pada kekuatan genggaman tangan dan jepitan kaki pada tali," kata Kapendam.




Selanjutnya Kapendam mengatakan, selain itu, Pangdam juga meninjau lokasi sasaran tembak kelompok senjata bantuan dari Yonif R 641/Bru (Mortir 81), senjata berat Armed 16/KMP (Meriam 155 KH-179).


"Kemudian juga meninjau lokasi Garis Taraf I yang akan dilewati pergerakan pasukan sebelum menuju titik Garis Taraf II menuju ke sasaran," pungkas Kapendam XII/Tpr. 


Sumber : Pendam XII/Tpr