Serbuan Vaksinasi Massal  dalam rangka HUT ke - 76 Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh  Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak kali ini sasar Rumah Radakng  (Rumah Adat Suku Dayak Kalimantan Barat), Jl. Sutan Syarir Kota Pontianak Kalimantan Barat, bersinergi dengan Forkopimda Kalimantan Barat, dan  Unsur TNI/Polri yang ada di Kalimantan Barat, serta beberapa instansi antara lain Pelindo II Kota Pontianak, Bank Rakyat Indonesia, dan juga beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kalimantan Barat, antara lain Dewan Adat Dayak Kalimantan Barat, Dewan Adat Dayak Kota Pontianak dan Dewan Pemuda Lintas Etnis Kalimantan Barat, Minggu (15/08/2021). 

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal ) XII Pontianak,  Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, menugaskan Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal XII Kolonel Marinir Agustiawarman, S.H., sebagai Koordinator “Serbuan Vaksin Massal HUT ke 76 Kemerdekaan RI.” Demi suksesnya kegiatan ini,  sejak Sabtu pagi hingga petang, seluruh Prajurit Lantamal XII, berjibaku menyiapkan segala alat kelengkapan yang akan diunakan dalam  Serbuan  Vaksinasi ini.   

Selain itu juga Komandan Lantamal XII menginstruksikan agar pada hari pelaksanannya hari ini, Minggu (15/08/21), “Seluruh Prajurit Lantamal XII, siap mendukung  kegiatan Vaksinasi Massal ini, dan tentunya selain merupakan program pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, juga sebagai implementasi terhadap program Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, untuk bahu membahu melaksanakan Serbuan Vaksinasi terhadap masyarakat agar Pandemi Covid-19 ini segera berakhir, “Demikian ungkap Danlantamal saat inspeksi pada pelaksanaan di rumah Radakng Adat Dayak Pontianak.   

Kepada Dinas Kesehatan  Letkol Laut (K) dr. Heru Subagyo, Sp.Pros, sebagai Ketua Tim Tenaga Kesehatan, menyampaikan bahwa Diskes Lantamal XII dalam Serbuan Vaksin Kemerdekaan ini, menerjunkan semua Tim Vaksinatornya dibantu Tim Vaksinator dari Dinkes Prov. Kalimantan Barat, Diskes Kodam XII Tanjungpura, Diskes Lanud Supadio Pontianak, Dokkes Polda Kalimantan Barat, dan Lantamal XII juga menggandeng  Instansi lain yang ada di Kota Pontianak. Jumlah vaksin yang disiapkan pada pelaksanaan serbuan vaksinasi kali ini sebanyak 320 Vial Vaksin yaitu sebanyak 3200 Dosis untuk penerima vaksin dosis pertama dan dosis ke dua. Kegiatan vaksinasi yang terlaksana sejak pagi hingga ditutupnya kegiatan, telah mencapai 3200 dosis vaksin, sesuai dengan target yang telah disiapkan. 

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal ) XII Pontianak,  Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, bersama Walikota Pontianak, Forkopida Provinsi Kalbar, meninjau jalannya kegiatan Vaksinasi Massal Kemerdekaan ini dan berinteraksi dengan warga masyarakat yang hadir. Menyampaikan bahwa, "Masyarakat tidak perlu ragu dan takut untuk mengikuti vaksinasi ini, mari kita dukung program pemerintah bersama-sama memutus penyebaran Covid-19". Demikian ungkapnya, kepada masyarakat yang menerima Vaksin. 

Kegiatan Vaksinasi Massal ini juga melibatkan Ibu ibu Jalasenastri Korcab XII DJA I Lantamal XII, yang dipimpin oleh Ketua Korcab XII DJA I Lantamal XII Ny Noni Andi Rukman, masih dalam suasana HUT ke 75 Jalasenastri. 

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Bapak Krisantus Kurniawan SIP MSi, dan Bapak Adrianus Asia Sidot keduannya sebagai anggota Komisi I DPR RI, Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono.,MM.,MT., Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, M. Sidik Handano, Danwing 7 Lanud Supadio Kolonel Pnb Sidik Setyono, Kabiddokkes Kombespol dr. CH. Susilo Dwijatmoko.,Sp. Rad., Kasubbidkespol Kompol drg. Heri Wihananta.,M.M., Sekjen MADN  Yakobus K., M.H., dan Ketum DAD, Ir.Jakius Sinyor, serta seluruh Pejabat Utama Lantamal XII. 

Sumber : Dinas Penerangan Lantamal XII Koarmada I.