TIM VAKSINATOR SATGAS COVID-19 TNI AL LANTAMAL XII DUKUNG SERBUAN VAKSIN DI LANUD SUPADIO PONTIANAK



Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, kembali memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros. selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19 dengan menurunkan 1 Tim Vaksinator Diskes Lantamal XII. Melibatkan Tim ini kemuadia akan bersinergi dengan Tim Vaksinator dari Tim Vaksinator dari RSAU dr. Muhammad Soetomo Lanud Supadio, serta Dokkes RS. Bhayangkara Anton Sujarwo dalam rangka  Serbuan Vaksinasi terhadap Masyarakat yang ada di sekitar Bandar Udara Lanud Supadio, Jalan Arteri Supadio Km. 17, Limbung, Raya River, Limbung, Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (28/08/2021).


Kegiatan Serbuan Vaksin ini, dilaksanakan sejak pukul 06.30 s.d. 12.40 WIB bertempat di Gedung Graha Tedy Kustari Lanud Supadio. Dalam serbuan Vaksinasi ini khusus untuk Dosis ke-2 dengan sasaran vaksin keluarga anggota TNI AU dan masyarakat umum di sekitar Lanud Supadio yang telah melaksanakan vaksin dosis ke-1.


Teknis pelaksanaan vaksinasi sesuai prosedur yakni melalui Screening Kesehatan oleh Tim Vaksinasi. Apabila calon penerima vaksin dinyatakan sehat dan memenuhi syarat maka selanjutnya dapat dilakukan Vaksinasi. Setelah menerima suntikan vaksin, masyarakat selanjutnya diobservasi selama ± 30 menit, apabila selama observasi tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi  (KIPI), maka peserta akan menerima Kartu Vaksinasi.


Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros. selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19, Lantamal XII saat dimintai keterangan sehubungan dengan manfaat Vaksin Covid-19 menyampaikan bahwa, manfaat vaksin yang paling mendasar adalah sebagai upaya mencegah penyakit menular. Hal ini karena vaksin dapat memberikan pertahanan dan perlindungan bagi tubuh kita dari berbagai penyakit infeksi yang berbahaya.  Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Vaksin dapat merangsang tubuh agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan kuman penyebab infeksi.


Dalam pelaksanaan Serbuan Vaksin ini panitia penyelenggara menyiapkan Vaksin jenis Sinovac baik Vaksinasi 1 dan Vaksinasi 2, yang melakukan registrasi atau pendaftar sejumlah 1000 orang dan semuanya berhasil di Vaksin oleh Tim Gabungan Vaksinator yang terdiri dari  6 orang Vaksinator Lantamal XII Pontianak, 10 orang Dokkes RS. Bhayangkara Anton Sujarwo, serta 71 orang tenaga kesehatan RSAU dr. Muhammad Soetomo.


Penulis : Darius Tarigan









0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .