Dinas Kesehatan Lantamal XII dibawah Komando Letkol Laut (K) dr. Heru Subagyo, Sp.Pros kembali melibatkan Diskes Lantamal XII menurunkan 1 Tim Vaksinator untuk mendukung  program Vaksinasi Covid-19 Lintas Agama Kalimantan Barat dimotori oleh Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) dan Kementerian Kesehatan RI. Vaksinasi ini dipusatkan di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak Jl. Jenderal Ahmad Yani No.111 Kel.Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (21/08/2021).


Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana  TNI Yudo Margono, dalam arahannya beberapa waktu  yang lalu kepada pimpinan Kotama TNI AL untuk mendukung sepenuhnya  program pemerintah melaksanakan serbuan Vaksinasi terhadap seluruh lapisan masyarakat maritim guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid – 19. Sehingga pandemi ini segera berakhir, dan masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasa.


Adapun Ketua Panitia Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Lintas Agama, Dr. Pabali Musa, M.Ag  saat dimulainya kegiatan ini menjelaskan bahwa, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 menargetkan masyarakat yang tervaksin  sebanyak 2000 orang.  Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji,  selaku Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Kalbar, mengucapkan terima kasih  atas inisiatif dan partisipasi organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan Vaksinasi Lintas Agama dan Etnis dalam rangka upaya percepatan capaian target Vaksinasi di kota Pontianak.  


Dalam pelaksanaan Vaksinasi Lintas Agama ini, didukung sejumlah Tenaga Kesehatan dan Tenaga Vaksinator  sejumlah 7 tim. Tim gabungan ini terdiri dari Diskes Lantamal XII Pontianak  (1 tim),  Kesdam Tanjungpura XII (1 tim),  Bidokes Polda Kalbar (3 tim), dan Dinkes Provinsi (1 tim), serta  Muhammadiyah (1 tim), dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.


Pelaksanaan Vaksinasi  di Universitas Muhammadiyah tersebut akan berlangsung selama tiga hari yang di mulai sejak tanggal  19 kemarin sampai dengan hari ini Sabtu,  20 Agustus 2021.


Sumber : Dinas Penerangan Lantamal XII Koarmada I