VAKSINATOR TNI AL LANTAMAL XII DATANGI KAPAL IKAN LAKSANAKAN VAKSINASI TERHADAP NELAYAN YANG PULANG MELAUT



Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, Minggu (22/08/2021), didampingi para Pejabat Utama Lantamal XII dan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros. selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19, turut bersinergi dengan Satuan Kapal Patroli dan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII untuk melaksanakan serbuan vaksinasi terhadap masyarakat nelayan kota Pontianak yang kembali melaut setelah mencari ikan selama empat hingga lima bulan. Agar ketika mereka pulang kerumah, sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah para nelayan dan keluarganya terpapar virus Covid-19. 


Dalam sinergi itu TNI AL Lantamal XII melaksanakan patroli oleh tim Sea Reader satuan apal patroli yang dipimpin oleh Dansatrol Lantamal XII Letkol Laut (P) Kariyadi Bangun. Patroli dilaksanakan sekitar dermaga-dermaga sepanjang sungai kapuas Pontianak. Patroli ini dilakukan untuk menyisir kapal ikan yang masuk alur sungai kapuas kota Pontianak. Penyisiran ini bertujuan untuk memastikan anak buah kapal (ABK) nelayan penangkap ikan yang baru pulang melaut sudah menerima Vaksin Covid-19.


Pada kesempatan itu setiap nelayan yang ditemui saat pulang melaut, tim patroli Sea Reader Lantamal XII melakukan pendataan bagi setiap nelayan. Jika sudah pernah menerima vaksin, maka lolos dari vaksinasi mobile ini. Bagi nelayan yang belum pernah menerima vaksin segera dihimbau untuk dapat mengikuti program vakasinasi tersebut saat itu juga. Namun terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh tim patroli yang tergabung didalamnya tim vaksinator covid-19. Untuk nelayan yang memenuhi syarat kondisi kesehatannya, tim vaksinasi satgas Covid-19 Lantamal XII akan  melaksanakan vaksinasi diatas kapal nelayan tersebut.




Dalam melaksanakan patroli ini, Lantamal XII telah menyediakan sebanyak 15 vial, yaitu sebanyak 150 dosis vaksin Covid-19. Dan dari kegiatan jemput bola untuk mempercepat penerimaan vaksin bagi masyarakat maritim tersebut, tercatat sebanyak 113 orang nelayan yang terdaftar, serta 110 diantaranya memenuhi syarat untuk divaksin. 


Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, saat melakukan peninjauan menjelaskan bahwa, vaksinasi terhadap masyarakat nelayan yang dilakukan kali ini, diperuntukan kepada para nelayan yang baru pulang dari laut.

“Mereka melaut lebih kurang selama 4 sampai dengan 5 bulan, dimana sebagian besar nelayan belum menerima vaksin, sehingga Lantamal XII melaksanakan jemput bola dan menurunkan tim untuk melakukan vaksinasi terhadap setiap nelayan yang bersandar ke dermaga perikanan ini. Tentunya langkah yang kita tempuh ini adalah upaya mempercepat masyarakat menerima vaksin agar dapat menambah imunitas tubuh. Dan harus tetap diingat, bagi maasyarakt yang sudah divaksin harus juga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Karena masa pandemi masih belum berakhir”, katanya.


Selain melaksanakan serbuan vaksinasi yang dikapal-kapal ikan yang baru pulang melaut, tim patroli juga melaksanakan vaksinasi bagi nelayan yang berada di kapal yang sedang sandar di dermaga Jl. Kom Yos Sudarso Pontianak tempat kapal ikan tersebut melakukan bongkar muat. 


Salah seorang nelayan yang sudah menerima vaksin saat itu mengungkapkan perasaan senang, karena sudah memenuhi syarat untuk menerima vaksin pada kegiatan Buserbuan vaksin yang dilaksanakan Lantamal XII ini.

“Bagus sekali dan saya senang karena sudah divaksin pagi ini. Saya bekerja dilaut selama 4 bulan, belum pernah divaksin, terima kasih untuk TNI AL Lantamal XII yang sudah menyediakan vaksin untuk kami para nelaya”, pungkasnya.


Penulis : Darius Tarigan





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .