Danlantamal XII Pontianak Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-76 TNI AL Di Lapangan Satuan Kapal Patroli Lantamal XII


Peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke 76 Tahun 2021 ditandai dengan upacara yang digelar Lantamal XII bertempat di Lapangan Apel Satrol Lantamal XII Jl. Komsos Sudarso No.01 Jeruju, Pontianak Barat Prov. Kalimantan Barat. Jumat (10/09/2021), pagi pukul 08.00 WIB.

Upacara dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI Marinir Andi Rukman, sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Laut (S) Syaiful R., S.T., M.Tr.Opsla, serta diikuti seluruh prajurit TNI dan PNS Lantamal XII.



Hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, mengangkat Tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.


Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Danlantamal XII, bahwa TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai bagian dari Komponen Utama Pertahanan Negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama Pertahanan Negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung program  pemerintah dalam penanggulangan Covid- 19 dan pemulihan ekonomi nasional. 


TNI Angkatan Laut adalah prajurit Jalasena, meskipun ditengah pandemic Covid-19, tetap melaksanakan tugas operasi setiap hari, yang bertumpu pada Sistim Senjata Armada Terpadu (SSAT), terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut memberikan beberapa penekanan yakni untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, sebagai landasan pengabdian, tetap pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut, serta terus meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan satuan di jajaran armada, dan terus perjuangkan kejayaan TNI Angkatan Laut dengan tekad yang bulat, semangat dan kegigihan dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diemban, serta jaga sinergitas dan soliditas internal TNI Angkatan Laut, TNI-Polri serta dengan masyarakat selaras dengan semangat kekeluargaan dan persatuan bangsa.


Di akhir amanatnya Kasal memberikan semangat kepada seluruh Prajurit TNI AL dimanapun berada “Jiwa raga kalian hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara… setiap hembusan nafas kalian harus berupa pengabdian… tanamkan semangat juang dalam hati kalian untuk meraih kejayaan Angkatan Laut “jalesveva jayamahe”.

Hadir dalam acara tersebut antara lain pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro,S.Ap., M.Si., Wakil Ketua DPRD Pontianak Bpk. Dr. Firdaus Zar”in , S.Pd. M.Si., Para Asisten, Ka.Kuwil, Dansatrol, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII serta Ibu-ibu pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I.



Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I





















0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .