Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P., M.M memimpin upacara pemakaman secara militer terhadap Almarhum Sertu anumerta Ambrosius di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumalaya Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Minggu (5/9/2021). 


Almarhum merupakan salah satu yang menjadi korban serangan Kelompok Sparatis Teroris (KST) di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, pada hari Kamis 02/09/2021 dini hari waktu setempat.


Prosesi pemakaman dilaksanakan mengikuti standar protokol kesehatan. Selain itu jumlah pasukan yang bertugas dalam Prosedur Tetap (Protap) Upacara Pemakaman Militer dibatasi untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19.





Dalam sambutannya Danrem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,.M.M menyampaikan turut belasungkawa sedalam-dalamnya atas gugurnya putra terbaik bangsa.



"Saya Danrem 121/Abw atas nama Negara, Bangsa dan Tentara Nasional Indonesia dengan ini mempersembahkan ke Persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum. Nama Ambrosius, Pangkat Sertu Anumerta Jabatan/Kesatuan Denma Brigif 22/Ota/Manasa, Kodam XIII/Merdeka, Provinsi Gorontalo. Sebagai wujud penghormatan terakhir dan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum Sertu Ambrosius dilaksanakan upacara secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumalaya, Kec. Ketungau Tengah," kata Brigjen TNI Ronny saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dan membacakan Apel Persada di depan pusara Sertu anumerta Abrosius.


Negara juga memberikan penghormatan dan penghargaan atas jasa, Dharma Bhakti dan pengabdiannya kepada Negara dan Bangsa. Almarhum diberikan kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat lebih tinggi dari Serda ke Sertu anumerta Nomor KEP/791/IX/2021 Tanggal, 3 September 2021.


"Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan. Namun sebagai umat beragama yang percaya akan kuasaNya, maka kita harus dapat menerima secara ikhlas, karena kepergian almarhum adalah kehendakNya. Selanjutnya pada kesempatan ini saya mengajak kita semua memanjatkan doa, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan kepada keluarga yang ditinggalkannya," imbuhnya.


"Tentu semua yang dilakukan almarhum semasa hidupnya penuh semangat dan iklas dapat menjadi contoh bagi kita semua yang masih hidup, dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Almarhun telah menunjukkan prinsip-prinsip perjuangan, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia daman telah bekerja keras dalam mengemban setiap tugas negara yang menjadi tanggung jawabnya." pungkas Danrem.



Turut hadir Danrem 121/Abw, Kasrem 121/Abw Kolonel Kav Aloysius, perwakilan Kodam XIII/ Merdeka Kolonel Chb M. Taufik, perwakilan  PT Asabri ibu Wiwik, Bupati Sintang yang di wakili Asisten I, Wakil ketua DPRD kabupaten Sintang, anggota DPRD kabupaten Sintang, Dandenpom 1/XII Sintang, Dandenbekang Sintang. Forkopicam kec. Ketungau Tengah, pihak keluarga, toga, Tomas Toga.


Sumber : Penrem121/Abw