Lanud Had Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT TNI ke-76


Dalam rangka peringatan HUT ke-76 Tentara Nasional Indonesia, TNI AU Lanud Harry Hadisoemantri (HAD) bekerjasama dengan PMI kota Singkawang mengadakan  donor darah  yang dilaksanakan di Balai Danu Setiawan Lanud Had, Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang, Kalbar. Rabu, (22/09/2021).


Kegiatan donor darah tersebut melibatkan 12 Nakes dari PMI kota Singkawang dibantu 4 Nakes Lanud Had yang dihadiri oleh Danlanud Had, Pejabat list A, Pia AG Lanud Had, Anggota Polsek Sanggau Ledo dan masyarakat sekitar.


Komandan Lanud Had Letkol Pnb Firmandes Pasaribu, S.T., M. Han menyampaikan bahwa Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, apalagi ditengah pandemi Covid-19. Lonjakan permintaan kantong darah sangat tinggi, khususnya di wilayah Singkawang dan Bengkayang’’, ucap Danlanud.


Ditempat yang sama Kepala PMI kota Singkawang Suwadji menjelaskan, selama ini kebutuhan darah cukup signifikan dan pihaknya hanya mampu menyediakan sebagian kecil saja.

“Dalam sehari dibutuhkan 200 kantong darah untuk ketersediaan di wilayah Kalbar sedangkan dimasa pandemi saat ini hanya mampu memenuhi 50 sampai 70 kantong darah perhari. Sehingga dengan adanya donor darah seperti ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena sangat terbantu dalam memenuhi ketersediaan kantong darah,” ucapnya.


"Kurangnya pendonor darah saat ini dikarenakan musim pandemi, orang yang habis vaksinasi dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang manfaat donor darah", tambahnya.


Kegiatan donor darah pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengumpulkan 54 kantong darah dengan pendaftar 64 orang, 10 orang dinyatakan tidak diperkenankan untuk donor karena tensi yang tinggi.


Sumber : Pen Lanud Had













0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .