Tim Penggerak PKK Kabupaten Sambas Yunisa Satono bersama Camat dan Forkompimcam Galing melaksanakan Panen Sayur Gambas Kegiatan Padat Tunai Desa bidang Pertanian dan Perkebunan untuk Ketahanan Pangan di Desa Galing, Kamis (2/9/2021).



Ketua TP PKK Sambas Yunisa mengatakan kegiatan ini salah satu mewujudkan pangan lestari sebagai salah satu upaya yang digalakkan Kementerian Pertanian RI dengan memanfaatkan lahan pekarangan kantor dengan menanam berbagai komoditas sayuran dan buah. Program ini merupakan percontohan kepada masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah sehingga penyediaan pangan yang bergizi dan beragam bagi keluarga tercukupi serta mampu meningkatkan pendapatan keluarga.


Lebih lanjut beliau mendukung sepenuhnya program ini, ia juga mengharapkan agar pemanfataan lahan pekarangan sebagai kebun mini dapar diaplikasikan oleh masyarakat.


“Hari ini kita panen sayur gambas. Alhamdulillah hasilnya sangat baik dan ini membuktikan bahwa di Sambas ini memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan berbagai komoditas sayur-sayuran dan buah-buahan yang bisa tumbuh dengan mudah sehingga hal ini patut kita syukuri dan semoga masyarakat yang lain juga dapat memanfaatkan lahan pekarangannya dengan menanam berbagai jenis tanaman produktif,” katanya.


Pemanfaatan perkarangan melalui gerakan halaman asri teratur, indah dan nyaman (Hatinya PKK), merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi serta sumber pendapatan yang terus digalakkan tim penggerak PKK Kabupaten Sambas


“Kegiatan ini juga salah satu bentuk implementasi program pokok PKK melakui pokja III, diantaranya mengamalkan nilai nilai gotong royong, pendidikan keterampilan serta melestarikan lingkungan hidup,” Ucap Istri Bupati Satono.


Sumber : Humas Kab. Sambas