Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat (Dankodiklatad), Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., didampingi Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan kunci bedah rumah kepada Nurmala (80) warga Kelurahan Peracak, Bunga Maya, OKU Timur, Sumatera Selatan, Jumat (3/9/2021).


Penyerahan kunci bedah rumah ini merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial dalam rangka latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 641/Beruang di daerah latihan Puslatpur Kodiklatad.


Selain menyerahkan kunci rumah, Dankodiklatad dan Pangdam XII/Tpr juga meresmikan sumur bor di Masjid Baiturrahim dan renovasi Mushola Sabilalmuttaqin Kelurahan Sungai Tuha Jaya serta membagikan paket bantuan berupa Sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kelurahan Peracak. 


Dalam sambutannya, Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., mengucapkan terimakasih kepada Pangdam XII/Tpr yang selama ini mendampingi para Prajurit melaksanakan latihan


"Pimpinan harus selalu hadir dan berada dekat dan di tengah-tengah prajurit," ucap Letjen TNI AM. Putranto.


Dankodiklatad mengatakan, latihan yang dilaksanakan di Puslatpur selain meningkatkan profesionalisme prajurit juga dapat membawa dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.


Sekali pelaksanaan latihan bisa sampai seribu personel yang datang di Puslatpur. Untuk logistik, seperti sayur mayur dapat memanfaatkan dari hasil masyarakat sekitar yang mayoritas merupakan petani. Petani diminta agar berkoordinasi dengan Kodim atau Babinsa agar memiliki masa panen yang tepat dengan kedatangan personel latihan.


"Dengan begitu tentunya akan dapat membawa dampak terhadap perekonomian masyarakat," katanya.


Sedangkan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, kegiatan bakti sosial bertujuan untuk menumbuhkan hubungan emosional antara prajurit Kodam XII/Tpr dengan masyarakat.


"Kami melaksanakan bedah rumah, membuat sumur bor di Masjid Baiturrahim dan renovasi Mushola Sabilalmuttaqin. Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dari masyarakat dan apabila ada hal yang kurang berkenan kami mohon maaf," ucap Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.




Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto. S.I.P. M.Tr (Han), Danpuslatpur Brigjen TNI Judi Paragina Firdaus, M.Sc., Brigjen TNI Bambang Supardi, S.I.P., M.M., Ir Pussenif Brigjen TNI Sutjipto dan Forkompimda Oku Timur serta Komunitas IOF 4x4 Sumsel. 


Sumber : Pendam XII/Tpr