Percepat Kekebalan Kelompok, Lantamal XII Pontianak Gelar Serbuan Vaksinasi Massal TNI AL Secara Serentak Untuk Masyarakat Maritim



Dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke 76, lantamal XII Pontianak melaksanakan beberapa kegiatan sosial. Sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut dalam mendukung percepatan terwujudnya kekebalan kelompok,  maka Lantamal XII menggelar Serbuan Vaksinasi untuk masyarakat maritim seluruh Indonesia. Serbuan Vaksinasi secara serentak di empat lokasi. Yakni di kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak, TPI, Mega Mall dan Lanal Ketapang dengan target dua ribu masyarakat maritim penerima vaksin. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat maritim untuk dosis satu dan dosis dua.


Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman saat meninjau vaksinasi massal di Tugu Khatulistiwa Pontianak Utara mengatakan, TNI AL dengan semangat Jalesveva Jayamahe, Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Ini dibuktikan dengan tetap bersinergi dengan semua elemen bangsa, khususnya dalam mendukung program pemerintah dalam penanganan covid-19 saat ini.


"TNI Angkatan Laut melaksanakan serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim, jadi seluruh TNI Angkatan Laut di Indonesia menggeklalr secara serentak hari ini. Khususunya di wilayah Lantamal XII, hari ini kita melaksanakan serbuan vaksinasi diempat tempat. Dengan target sasaran penerima vaksin 2000 orang. Jadi ini merupakan perintah dari Kasal dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke 76", kata Andi, Kamis (9/9/2021).


Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menambahkan, sebelum meninjau serbuan vaksinasi massal ini jajaran Lantamal XII Pontianak telah melaksanakan ziarah pagi harinya ke Taman Makam Pahlawan di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.




Turut hadir dalam peninjuan serbuan vaksinasi Lantamal XII Wakil Walikota Pontianak, Bahasan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Bahasan mengakui, keterlibatan TNI Angkatan Laut dalam mensosialisasikan pentingnya vaksin dan sering membuka layanan vaksinasi dalam masa pandemi ini, sangat membantu pemerintah kota. Sehingga pihaknya mengapresiasi TNI AL pada peringatan HUT ke 76 Angkatan Laut Tahun 2021.


"Dalam peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke 76 ini, kita terus termotivasi dan optimis bahwa pandemi yang kita hadapi ini bisa cepat usai dari bumi Indonesia dan Pontianak khususnya", ungkapnya.


Bahasan berharap, semua pihak termasuk TNI Angkatan Laut selalu memberikan perannya dalam mengedukasi masyarakat, sosiaslisasi agar animo masyarakat untuk berinisiatif untuk memvaksinkan diri. Hal itu diyakininya dapat mempercepat terciptanya herd immunity. 



Dia menjelaskan, capaian sasaran vaksinasi tahap satu untuk masyarakat Kota Pontianak masih 45%, sedangkan vaksinasi tahap dua sudah mencapai 27%. Dengan adanya serbuan vaksinasi TNI AL melalui Lantamal XII Pontianak ini, wakil walikota Pontianak optimis dapat menambah capaian sasaran vaksinasi menuju 473.000 yang menjadi target Pemerintah Kota Pontianak.


Penulis : Darius Tarigan








0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .