Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL Ke-76 Tahun 2021, Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) XII Pontianak melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) dan penyerahan bantuan Sembako kepada masyarakat di Kota Pontianak dan sekitarnya serta menyerahkan bantuan Al-Qur'an kepada Pondok Pesantren di Halaman Tugu Khatulistiwa, Pontianak Utara, Rabu (8/9/2021).


Bakti sosial dan penyerahan bantuan ini di Gelar Lantamal XII Pontianak sebagai media silaturahim dan kepedulian TNI AL dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP, M.Si mewakili Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman.





Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menjelaskan kegiatan ini adalah rangkaian acara dalam rangka Memperingati Hari Jadi Ke-76 TNI Angkatan Laut  dan sesuai Perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. Aksi yang dilaksanakan antara lain, Bakti Sosial berupa Pemberian sembako dan Al-Qur'an, pembuatan parit, pembuatan embung di kelurahan Batu Layang dan pembersihan Tugu Khatulistiwa.


"Kasal memerintahkan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan kegiatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut dimasa pandemi secara sederhana. Serta diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Danlantamal XII dalam sambutan yang disampaikan Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP, M.Si saat menjadi Pembina Apel di Halaman Tugu Khatulistiwa Pontianak.


Baksos dan pembagian paket sembako ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII beserta Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat Peduli Pontianak dan Kalimantan Barat untuk masyarakat yang sangat membutuhkannya dimasa pandemi Covid-19 ini. 


"Semoga hasil dari baksos yang telah dilaksanakan yaitu pembuatan kolam dan pembersihan parit, pengadaan sarana dan prasarana nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar dan sebagai contoh tauladan," harap Danlantamal XII kepada masyarakat di sekitar Tugu Khatulistiwa.


Danlanmal XII juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung rangkaian baksos dan pemberian sembako dalam rangka Hari Jadi Ke 76  TNI Angkatan Laut.


"Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," ucapnya. 


Sementara, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP, M.Si mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum Hari Jadi Ke 76 TNI Angkatan Laut yang akan melaksanakan vaksinsasi Covid-19 untuk masyarakat maritim di Tugu Khatulistiwa pada tanggal 09 September 2021 yang masih dalam rangkaian Hari Jadi Ke 76 TNI Angkatan Laut. 


"Kami  dari Lantamal XII mengajak masyarakat untuk divaksin guna membentuk kekebalan tubuh agar tak mudah terpapar Covid-19," ajak Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP, M.Si.


Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para Asisten Danlantamal XII, para Kadis, Kasatker, unsur TNI/Polri, ibu-ibu Jalasenastri dan masyarakat.


Penulis : Darius Tarigan