Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., bersama Panglima 3 Briged, Brigedier Jeneral Mohd Kamil bin Haji Abdul Latiff membuka Latihan Bersama (Latma) Kekar Malindo Siri 44AB/2021 yang dilaksanakan di Kem Pakit, Sri Aman, Sarawak, Malaysia. Selasa, (23/11/2021).


Pembukaan latihan bersama ditandai dengan pernyataan resmi dan pemasangan tanda peserta latihan (badge) oleh Panglima 3 Briged dan Kasdam XII/Tpr kepada perwakilan peserta latihan.


Latihan bersama untuk meningkatkan kemampuan personel TNI AD dan TDM akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai dari tanggal 23 November sampai 2 Desember 2021 di sekitar kawasan Sri Aman, Engkelili, Lubok Antu dan Semanju.


Panglima 3 Briged, Brigedier Jeneral Mohd Kamil bin Haji Abdul Latiff saat membuka latihan mengatakan, latihan gabungan ini merupakan latihan bilateral yang diadakan setiap tahun yang melibatkan dua fasa yaitu Eksesais Pos Pemerintah (Command Post Exercise) dan Eksesais Trup Medan (Field Training Exercise).


Latihan ini melibatkan 17 pegawai dan 344 anggota pasukan batalion ke-13 Rejimen Askar Melayu Diraja (13 RAMD) mewakili TDM, sedangkan TNI AD diwakili Yonif Raider 641/Beruang yang terdiri daripada 10 pegawai bersama 122 anggota lainnya.


"Sesungguhnya eksesais ini sejajar dengan tonggak keempat Perintah Ulung PTD ke-28 yaitu “Pengukuhan Hubungan Pertahanan”, yang menekankan kepada kerja sama pertahanan bersama tentera negara serantau mahupun antara bangsa," kata Panglima 3 Briged. 


Sumber : Pendam XII/Tpr