Usai dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (17/11/2021), Mayjen TNI Suharyanto, S. Sos,. MM langsung mengawali tugasnya dengan mengunjungi Kabupaten Sintang untuk meninjau kondisi banjir yang terjadi.


Tiba di Kabupaten Sintang, Kepala BNPB yang didampingi beberapa tenaga ahli BNPB, perwakilan BMKG serta pejabat eselon 1 dan 2 ini disambut langsung oleh Komandan Kodim 1205/Sintang beserta Forkopimda Kabupaten Sintang, Sabtu (20/11/2021).


Sebelum memulai peninjauannya, Kepala BNPB terlebih dahulu menjalin diskusi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Sintang yang diawali dengan paparan yang disampaikan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Ir. Bernhars Saragih, M. si.


Dandim Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono yang ditemui usai Kegiatan mengatakan, kedatangan Kepala BNPB ke Kabupaten Sintang untuk melihat langsung kondisi perkembangan penanganan serta untuk memastikan bahwa penanganan tanggap darurat sudah berjalan dengan baik.



"Kunjungan ini juga untuk mendapatkan informasi dilapangan secara langsung terkait perkembangan bencana banjir yang terjadi, selain melakukan peninjauan, rombongan juga akan menghimpun informasi mengenai kebutuhan dan yang masih dibutuhkan dalam penanganan jangka pendek dan jangka panjang", ujar Letkol Inf Kukuh.


Saat melakukan diskusi bersama Forkopimda Kabupaten Sintang, Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan, peninjauan yang dilakukan di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sintang ini sebagai langkah utama setelah dilantik menjadi Kepala BNPB.


"Ini merupakan bentuk respon yang kita laksanakan sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo usai pelantikan kemarin, yang mana Presiden menyampaikan agar BNPB bekerja lebih keras. Saat ini Indonesia mengalami potensi hujan di sebagian besar wilayahnya, serta ditambah lagi efek dari fenomena La Nina. Yang mana hal tersebut dapat membawa dampak potensi bencana hidrometeorologi basah, seperti halnya banjir, tanah longsor, dan angin kencang," jelas Mayjen TNI Suharyanto.


Sumber : Pendim 1205/Stg