Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman memimpin Upacara Pelepasan 3 orang Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII, untuk mengikuti Lomba Renang pada Kasal Cup di Jakarta. Upacara pelepasan diikuti rangkaian pembukaan secara resmi Lomba Olah Raga Militer dan Olah Raga Umum Prajurit Lantamal XII dan jajarannya bertempat di Mako Satrol Lantamal XII, Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak, Prov. Kalimantan Barat, Jumat (26/11/2021).


Pelepasan tersebut ditandai dengan memakaikan jaket Atlit Lantamal XII, kepada ketiga prajurit tersebut, dimana mereka merupakan Atlit Renang, Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII.


"Saya berharap kepada para atlet yang akan mengikuti kejuaraan Kasal Cup untuk memberikan yang terbaik bagi nama Lantamal XII. Saya tidak menuntut harus juara 1, namun hal yang terbaik agar diusahakan dengan maksimal dan saya yakin latihan yang anda lakukan selama ini akan membuahkan hasil yang terbaik", kata Danlantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman.


Danlantamal XII juga menyampaikan hal yang paling utama dalam lomba tersebut yaitu keamanan dan keselamatan pribadi.


"Kalau memang sudah tidak mampu jangan dipaksakan, karena akan berakibat fatal, namun dengan latihan latihan yang telah dilakuan selama ini pasti dapat melalui segala rintangan dan hambatan yang ada. Mari kita doakan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kesehatan kepada para atlet sehingga dapat mencapai tujuan sesuai yang diharapkan", imbuhnya.


Selain itu dalam rangka menyambut Hari Armada ke - 76 Tahun 2021 ini, Lantamal XII diperintahkan untuk menyelenggarakan pertandingan olah raga militer maupun olahraga umum. Untuk itu pihak Lantamal XII Pontianak telah merancang lomba yang dimaksud, diantaranya, Olah Raga Militer meliputi ; Lomba kuat matra laut, lomba tangkas matra laut, ketrampilan peluit, menembak dan renang militer. Sedangkan Olah Raga Umum meliputi pertandingan bola volly, bulutangkis dan tenis meja.

Lantamal XII dan jajaran juga akan melaksanakan Bhakti Sosial, dengan melaksanakan bersih-bersih sungai dan alun-alun Kapuas, serta kunjungan kepada Warakawuri.


Hadir dalam upacara Pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.Ap., M.Si. (Han), Para Asisten, Ka.Kuwil, Dansatrol serta Kadis, dan Kasatker Jajaran Lantamal XII, serta Danyonmarhanlan XII.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I