PERAYAAN PUNCAK HUT MARINIR KE-76 TAHUN 2021 DI MAKO JAGUAR YUDHA KHATULISTIWA YONMARHAN XII KAB. MEMPAWAH KALIMANTAN BARAT


Puncak Perayaan HUT Marinir ke 76 Tahun 2021, Lantamal XII Pontianak, dipusatkan di Mako Batalyon “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII, di Desa Kuala Secapa Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah Prov. Kalimantan Barat, Selasa (30/11/2021).

Perayaan diikuti seluruh Pejabat Utama Lantamal XII, dan Prajurit Lantamal XII serta seluruh Prajurit Korps Marinir yang berada di Wilayah Kalimantan Barat wajib mengikuti Acara Puncak ini dengan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan Kebesaran Korps Marinir (PDL Marinir). 


Sebelum dimulainya kegiatan  perayaan HUT Marinir Ke-76 Tahun 2021, acara diawali dengan penyambutan Satgas Bencana dan Berbagi Lantamal XII yang terdiri dari Prajurit Lantamal XII dan Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa Yonmarhanlan XII, dengan  mengalungkan bunga  oleh Danlantamal XII Brigjen TNI Marini Andi Rukman dan  Wagub Kalimantam Barat Bpk.Drs. H. Ria Norsan.,M.M., M.H.



Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII, (Danyonmarhanlan XII), Jaguar Yudha Khatulistiwa XII, Mayor Marinir Anton Koerniawan., M.Tr.Opsla., menyampaikan ucapan  selamat datang kepada para undangan yang telah hadir dalam acara ramah tamah dan syukuran Hari Ulang tahun Marinir ke 76, dimana  sebenarnya HUT Marinir jatuh pada tanggal 15 November dan dilaksanakan secara terpusat di Jakarta.  


“Sungguh suatu kebahagiaan bagi kami keluarga besar Yonmarhanlan XII dengan terlaksananya sebuah momentum forum silaturahmi dan tatap muka ini", katanya.


Danyonmarhanlan XII juga mengatakan bahwa Korps Marinir TNI AL adalah pasukan pendarat yang merupakan aset utama dalam proyeksi kekuatan dari laut ke darat. Belum lama ini Yonmarhanlan XII juga ikut dalam kegiatan SAR yang tergabung dalam satgas kemanusiaan, penanggulangan dan penanganan bencana alam banjir bersama Lantamal XII di Kab. Sintang dan Kab. Sekadau. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada instansi vertikal pejabat pemerintah kabupaten/kota, mitra kerja serta rekan media dan berbagai element masyarakat yang meluangkan waktunya dan bersama-sama hadir pada peringatan hari jadi Korps Marinir ke 76 tahun.


Dalam kesempatan tersebut Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI Marinir Andi Rukman, menyampaikan kebanggaannya terhadap dedikasi dan pengabdian TNI AL yang tetap profesional dalam menjalankan tugas.



"Pagi ini saya merasa bangga karena dapat hadir ditengah-tengah perajurit petarung Yonmarhanlan XII yang selalu menunjukkan sikap Humanis dan Profesionalisme yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas, dimana tugas Yonmarhanlan XII selain menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa juga ikut serta membantu percepatan penanganan Covid-19 dan penegakkan disiplin protokol kesehatan maupun bencana alam Yonmarhanlan XII akan selalu hadir", kata Brigjend TNI Marinir Andi Rukman.





Wakil Gubernur Kalimantan Barat, menyampaikan harapan kepada prajurit Korps Marinir TNI AL selalu amanah untuk melanjutkan keberlangsungan dimasa setelah kemerdekaan ini secara bersama-sama dengan rakyat ikut  membangun bangsa ini. 


"Kalau dulu para pahlawan berjuang dengan mengakat senjata, sekarang ini kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Contoh kecil yaitu kita bersama-sama melawan Covid 19 dengan mematuhi protokol kesehatan dengan bersinergi dengan pemerintah daerah dan unsur lainnya agar terus ditingkatkan dalam upaya membangun sinergitas antar lini demi persatuan dan kesatuan bangsa", katanya.


Sementara itu Bupati Mempawah H. Erlina S.H., M.H dalam sambutannya mengucapkan dirgahayu kepada keluarga besar Marinir yang ke 76 semoga Korps Marinir senantiasa semakin jaya. Keberadaan dan peran Korps Marinir sangatlah penting dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa, karena disetiap kejadian penting dalam mempertahankan kedaulatan NKRI Korps Marinir selalu ikut serta. 


"Nilai-nilai dan makna filosofis dari HUT Marinir ke 76 ini kiranya dapat menjadi spirit positif untuk diaktualisasikan dalam peran nyata Marinir sebagai penjaga kedaulatan NKRI.  Melaui momentum HUT Marinir ke 76 tahun 2021 ini saya mengajak bersama sama satukan niat dan bulatkan tekad untuk tetap berkomitmen menjaga kedaulatan negara serta mengayomi seluruh lapisan masyarakat", ujarnya.


Turut hadir dalam syukuran HUT Korps Marinir ke 76 ini Dansatrol serta Kasatker Lantamal XII, Pejabat LO Kodam XII/TPR Kolonel Mar Agus T, Kapolres Mempawah AKBP Fauzan, Kajari Mempawah Bpk. Didik Adyotomo, S.H.,M.H., Danyonkav XII Letkol Kav I Nyoman A., Danyonif Mekanis 643/WNS Mayor Inf Fendi R A.W., Walikota Pontianak diwakili Kakesbangpol Bpk. Rizal Muthair, Bupati Kab. Kubu Raya diwakili Staff Ahli Bpk. Supriaji, Dandim 1201/MPH diwakili Kapten Inf Mino, Wakil Ketua Korcab XII DJA I Ny. Lindar Suhendro beserta pengurus, Ketua Jalasenastri Ranting F Cab. I Korcab Pasmar I Ny. Pizza Anton K beserta pengurus, Para Mitra Kerja Lantamal XII, serta  Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama se Kabupaten Mempawah.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I


















0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .