Hari Armada ke 76 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 202, Prajurit Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, yang terdiri dari Prajurit Mako Lantamal XII, Prajurit Satuan Kapal Patroli Lantamal XII serta Prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dengan melakukan bersih - bersih Alur Sungai Kapuas dan Alun-Alun Kapuas yang berada di jantung Kota Pontianak Prov. Kalbar, Senin (29/11/2021).

 Aksi ini bertemakan "Bersih Sungaiku, Indah Kotaku, Sehat Masyarakatnya" 


Kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan serentak diseluruh Komando Utama TNI AL, merupakan perintah langung Kepala Staf Angkatan Laut, kepada seluruh jajaran  TNI AL, dalam rangka menyongsong HUT Hari Armada ke 76 yang bertemakan “ARMADA RI KSATRIA PENGAWAL SAMUDERA UNTUK INDONESIA JAYA”


Dalam kegiatan bersih bersih sungai Kapuas Lantamal XII Pontianak bersinergi dengan unsur Forkopimda Kalbar antara lain Kodim 1207/BS, Lanud Supadio, Satpol PP kota Pontianak, KPLP Pontianak, Distrik Navigasi Kelas III Pontianak, PT. Pelni Cabang Pontianak, Forum Bela Negara (FBN) RI Pontianak, Dinas PUPR Kota Pontianak, SMK Pelayaran Pembangunan Pontianak, dan  SMKN 9 Pontianak, serta  masyarakat kota Pontianak.


Selain melaksanakan bakti sosial bersih-bersih sampah di Sungai Kapuas, Lantamal XII juga telah melakukan kegiatan Donor Darah, Kebut Vaksinasi terhadap Masyarakat Maritim dibeberapa tempat, dan kunjungan kepada Warakawuri TNI AL, dan akan melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Patria Jaya.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I