Komandan Pangkalan Utama Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII untuk melaksanakan Swab Antigen secara serentak terhadap seluruh prajurit Lantamal XII beserta keluarga, guna mengetahui kondisi kesehatan serta mendeteksi kemungkinan terinfeksi varian baru Covid-19.  


Menindaklanjuti instruksi Danlantamal XII tersebut, Kadiskes Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros, beserta Tenaga Medis segera melakuan Swab Antigen terhadap seluruh Prajurit dan Keluarga Besar Lantamal XII, Kamis (30/12/2021).


Prajurit yang berdinas di Mako Lantamal XII Wajok melaksanakan Swab Antigen di Mako Wajok Jl. Wajok Hilir Km.17 Wajok Kab. Mempawah Kalbar, sedangkan Prajurit Petarung “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII dan seluruh keluarga besar melaksanakan Swab di Balai Kesehatan Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso jeruju Kota Pontianak.


"Kita harus pastikan seluruh prajurit dan keluarga besar, yang ada dijajaran Lantamal XII, baik yang bertugas di Mako, maupun Satuan Kapal Patroli dan prajurit Yonmarhanlan pada pergantian tahun 2021- 2022 dalam keadaan sehat,” tegas Danlantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman.


Kadiskes Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros, menyampaikan bahwa, Tes Swab Antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV). 


"Pelaksanaan Swab Antigen terhadap Prajurit dan Keluarga Besar Lantamal XII dan jajaran akan berlangsung  selama 2 hari kedepan", kata Kadiskes Lantamal XII.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I