Komitmen Wujudkan Kota Ramah Sepeda, Wako Edi Kamtono Didapuk B2W Award



Dedikasi dan komitmen Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dalam membudayakan bersepeda dan mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda, menjadikan dirinya didapuk menerima penghargaan Bike to Work (B2W) Award kategori Walikota Yang Berdedikasi terhadap Budaya Bersepeda. Penyerahan penghargaan tersebut digelar di Ballroom Perpustakaan Nasional Jakarta, Selasa (21/12/2021).


Walikota Edi memang dikenal gemar berolahraga, termasuk satu diantaranya bersepeda. Hampir setiap akhir pekan ia menyempatkan diri untuk bersepeda keliling kota sambil melihat kondisi infrastruktur yang ada. Selain aktivitas bersepeda, dirinya juga berkomitmen untuk mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda. Diantaranya menyediakan jalur sepeda di beberapa ruas jalan dan Taman Sepeda yang berlokasi di depan Auditorium Untan.


“Kita terus berupaya mewujudkan Pontianak sebagai kota yang ramah sepeda dengan menyediakan jalur bersepeda yang aman dan memberikan kenyamanan bagi para pesepeda,” ujarnya.


Menurut Edi, penyediaan jalur sepeda di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Pontianak sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020. Dengan menyediakan jalur khusus sepeda sebagai bentuk perhatian terhadap keselamatan pengguna sepeda.


“Meskipun jalur sepeda ini belum menyeluruh tetapi kita upayakan secara bertahap membuat jalur sepeda yang aman, nyaman dan teduh,” katanya.


Banyak manfaat yang diperoleh dengan bersepeda, selain baik bagi kesehatan, bersepeda juga sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas lingkungan karena dapat mengurangi polusi udara. Apalagi jika sepeda menjadi transportasi sehari-hari maka bisa menghemat bahan bakar.  


“Sekecil apapun yang kita lakukan seperti halnya bersepeda, jika memberikan manfaat bagi lingkungan dengan mengurangi polusi udara, maka akan berdampak besar bagi kehidupan,” ungkapnya.


Ketua B2W Kota Pontianak, Rudi Agus mengapresiasi penghargaan yang diterima Walikota Pontianak ditingkat nasional. Ia menilai award tersebut menjadi motivasi Kota Pontianak untuk terus berbenah terutama dalam pembangunan infrastruktur yang ramah sepeda. Dirinya menyebut, ada beberapa masukan terkait membangun infrastruktur sepeda di kota. Terlebih Pontianak akan menjadi kota ramah pesepeda. Ia menyebutkan keberadaan jalur sepeda sebenarnya merupakan amanah undang-undang lalu lintas. Dalam peraturan tersebut disebutkan pejalan kaki dan pesepeda termasuk pengguna jalan raya. "Artinya pengguna jalan raya yang paling rentan dan beresiko adalah pejalan kaki dan pesepeda. Ketika memfasilitasi sepeda harusnya jalur yang aman bagi pesepeda," ucapnya.


Dirinya menyebutkan pembangunan dilakukan bukan hanya jalan khusus bagi pesepeda tapi harus ada fasilitas pendukung untuk pesepeda seperti taman sepeda yang sekarang sudah tersedia. Dengan adanya taman sepeda bisa mengedukasi parkir, jalur khusus sepeda dan fasilitas yang dibutuhkan bagi pesepeda. "Kita harapkan taman ini begitu diusung sebagai taman sepeda bisa benar-benar menjadi pilot project bagi percontohan masyarakat lainnya," pungkasnya.


B2W Award 2021 yang diterima Walikota Edi Kamtono merupakan sebuah apresiasi dari B2W Indonesia atas dedikasi dan komitmennya menggaungkan budaya bersepeda serta memfasilitasi pesepeda dengan membangun infrastruktur ramah sepeda. B2W Indonesia adalah sebuah gerakan sosial yang memiliki visi terciptanya kualitas hidup lebih baik dengan bersepeda dan mempunyai misi meningkatkan jumlah pesepeda untuk beraktivitas sehari-hari dan terciptanya jalur prioritas sepeda.


Sumber : Prokopim



0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .