Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, dengan didampingi Pejabat Utama Lantamal XII bertempat di Dermaga Satrol Lantamal XII, berangkat menuju beberapa tempat yang menjadi tanggung jawab Wilayah Kerja Lantamal XII yang tersebar di Provinsi Kalimantan Barat menggunakan KAL Lemukutan I-12-15, Rabu (15/12/2021).


Adapun agenda Komandan Lantamal XII antara lain akan melaksanakan peninjauan ke Pos TNI AL Muara Kubu yang jaraknya sekitar 70 Mile dan kemudian menuju Pos Teluk Batang, + 50 Knt Mile, selanjutnya melakukan peninjauan Pos TNI Melano.

Selain itu juga Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, akan melakukan Courtesy Call (CC) ke Bupati Kabupaten Kayong Utara, (KKU), dan Bupati Ketapang.


Komandan Lantamal XII dan rombongan juga akan melakukan peninjauan ke beberapa pulau pulau yang ada disekitar Pulau Karimata, sehubungan dengan adanya laporan kegiatan illegal yang dilakukan oleh OTK yang ada di wilayah Karimata dan sekitarnya.


"Jangan ragu-ragu untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal kapal yang melakukan aktivitas di perairan Kalimantan Barat, Jika ada oknum- oknum yang melakukan kegiatan illegal agar ditindak sesuai prosedur hukum", tegas Komandan, saat On Board di Kal Lemukutan I-12-15.


Hadir pada kegiatan tersebut Aspotmar Danlantamal Kolonel Marinir Agustiawarman S.H., Dansatrol Lantamal XII Kolonel Laut (P) Kariyadi Bangun., Asrena Danlantamal XII Kolonel Laut (S) Agung Widodo., M.Tr. Hanla., Kadiskes Lantamal XII Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo,.Sp.,Pros.,  Dantim Intel Lantamal XII Letkol Laut (P) Suryadi Permana, S.E., M.Tr.,  Danyonmarhanlan XII Mayor Mar Anton Koerniawan., M.Tr. Opsla.  Dan KRI Sembilang -850 Mayor Laut (P) Yahya Junarko.,S.T., Pjs. Pasops Satrol Lant. XII Mayor Laut (T) Heru Budiawan., Paur Konstruksi Disfaslan, Letda Laut (T) Heny., dan   ADC Danlantamal XII.


Sumber : Dispen Lantamal XII,Koarmada I