Bertahun-tahun Ibu Trisni (46) warga Dusun Sungai Tengah, Desa Sebubus, Paloh, Sambas terpaksa harus buang air besar ke sungai. Kini Trisni sudah bisa meninggalkan kebiasaan tersebut, karena menerima bantuan pembangunan jamban dari Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti, Selasa (28/12/2021).


Satgas Yonif Mekanis 643/Wns melalui Pos Pamtas Sungai Tengah telah peduli dengan Trisni dengan membangunkan jamban dibantu masyarakat Dusun Sungai Tengah. Atas bantuan tersebut Trisni mengungkapkan kegembiraannya.


"Bapak TNI sudah membuatkan jamban buat kami yang kurang mampu, tentunya ini sangat berguna bagi kesehatan kami, karena jamban ini adalah suatu kebutuhan kami disini. Dengan adanya jamban ini, saya bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga keluarga kami bisa hidup sehat," ucap Trisni.


Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., mengatakan pembuatan jamban ini merupakan bentuk kepedulian Satgas kepada warga yang kurang mampu di perbatasan agar bisa menerapkan pola hidup sehat di dalam kehidupan sehari-hari.


Menurut Dansatgas, manfaat bantuan ini benar-benar dirasakan langsung oleh warga penerima, karena selama ini kalau mau buang air besar mereka kesusahan, dengan adanya program jambanisasi kepada warga yang kurang mampu, masyarakat bisa buang air besar pada tempat yang layak, sehingga masyarakat bisa menerapkan pola hidup yang sehat.


"Kesehatan adalah faktor utama pendukung kegiatan masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari, karna di awali dengan hidup sehat dan menjaga kebersihan adalah kunci utama guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera," kata Dansatgas.


Sumber : Pendam XII/Tpr