Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Armada RI ke 76 Tahun 2021, Prajurit Lantamal XII yang dipimpin oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro S.A.P. M. Si (Han)., dimana beliau juga bertindak sebagai Inspektur Upacara pada  pukul 08.00 WIB melaksakanan Ziarah dengan terlebih dahulu melaksanakan upacara kemudian dilanjutkan tabur bunga dimakam para pahlawan dari ALRI/TNI AL yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Kubu Raya, Jl. Adi Sucipto, Kel. Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (2/12/2021).


Ziarah terpimpin ini diikuti  oleh Para Pejabat Utama Lantamal XII, Para Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII, Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama, serta ASN jajaran Lantamal XII.  Dalam kegiatan tersebut dihadiri  Wakil Ketua serta pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I.


Ziarah yang dilakukan oleh keluarga besar Lantamal XII ini rutin dilakukan setiap tahun, dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan, sehingga dapat mengambil hikmah dengan meneladani atas jasa jasanya untuk dapat dijadikan sebagai suri tauladan bagi para prajurit TNI AL khususnya Lantamal XII


Ziarah dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga didepan tugu, dan kemudian penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Selanjutnya Komandan Lantamal XII beserta para pejabat utama dan peserta ziarah lainnya melaksanakan tabur bunga di makam para Pahlawan khusus dari ALRI/TNI AL.


Di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria ini terdapat 9 (Sembilan), Makam yang merupakan pahlawan TNI AL diantaranya, Mayor E. Ridwan, Kapten M. Basir Abdul Madjid,  Letda Alichan,  Peltu Lamuri Syamsudin,  Klasi Abdul Salim,  PLN II G. Hukom, KMD Kapal Alkai Ptk,  Edy Tungkere Kapal Alkai Ptk dan Herman Yosef Ekono Siswoyo.



Pukul 09.35 WIB Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudera selesai, kegiatan berjalan dengan tertib aman dan lancar. Selama pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I