REPLIKA MONJAYA HADIR DI TENGAH KESATRIA KHATULISTIWA MERIAHKAN SYUKURAN HUT KE 76 ARMADA RI DI LANTAMAL XII PONTIANAK


Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, melaksanakan upacara dalam rangka Peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di Dermaga Mako Lantamal XII Pontianak Wajok, Km 17 Wajok Hilir, Mempawah Kalimantan Barat, Senin (6/12/2021).


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P.,M.Si (Han)., mewakili Komadan Lantamal XII Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman, karena pada waktu bersamaan Danlantamal XII mengikuti Upacara HUT ke 76 Armada RI melalui Video Conference bersama Kasal dari Dermaga Ujung Surabaya, dimana Koarmada II sebagai panitia Hari Armada Pusat, dan bertindak sebagai Komandan Upacara oleh Komandan KRI Sembilang-850 Mayor Laut (P) Yahya Junarko.


HUT Armada Ke-76 Tahun 2021 bertemakan "Armada RI Ksatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju" 


Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dalam amanatnya menyampaikan bahwa hal terpenting pada momen peringatan hari Armada ini adalah wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha kuasa, atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya sehingga Armada RI dapat senantiasa melaksanakan tugasnya selaku Cakrawati Samudera dengan gemilang, meskipun ditengah kondisi pandemi covid-19. 


"Sebagai Ksatria pengawal samudera, Armada RI harus mampu menunjukan kekuatan yang akan menggetarkan lawan maupun kawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kadaulatan dan mengganggu kepentingan Negara dilaut. Satu Yard-pun kita tidak mundur, karena tidak ada tawar menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya", ungkap Kasal.


"Wahai para prajurit Jalasena sekalian Cintai Armada Ini... rawatlah kapal-kapal kalian dengan penuh rasa bangga... karena mereka adalah kuda-kuda perang yang akan membawamu menggulung lawan gagaikan badai di lautan... isi diri dengan berlatih... berlatih... dan berlatih... Buktikan kepada rakyat Indonesia hahwa kalian layak menyandang predikat sebagai “Ksatria Perkasa Di Tengah Samudera”... Ghora Vira Madya Jala", lanjut Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.


Dalam Pelaksanaan Upacara Hari Armada ke 76 tahun 2021, di Mako Lantamal XII, berbeda dengan perayaan sebelumnya, yaitu dalam pelaksanaannya didukung dua buah KRI / Kal sebagai Back Ground Pasukan Upacara yaitu KAL Lemukutan I-12-15 dan KAL Sambas I-12-10, serta Replika Patung Monumen Jalesveva Jayamahe. 


Replika Patung Monumen Jalesvaeva Jayamahe tersebut merupakan ide kreatif dari Aspers Danlantamal XII Kolonel Laut (KH) Nur Legawa Handaka W., S.P., dan beliau sendiri yang berperan menjadi patung Monumen Jalesveva Jayamahe, dengan melumuri sebagian bagian wajah dengan cat warna perak, sehingga terlihat seperti patung yang ada di Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya.


Selesai melaksanakan upacara yang diikuti seluruh Pejabat Utama Lantamal, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII dan seluruh Prajurit Lantamal XII serta PNS dan pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I, selanjutnya mengikuti acara ramah tamah serta pemberian hadiah bagi mereka yang menjadi juara dalam lomba lomba yang dipertandingkan dalam rangka menyambut HUT ke 76 Armada RI yang meliputi Olah Raga Militer dan Olah Raga Umum.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I












0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .