Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke 76 Armada RI, Tahun 2021 seluruh Kotama TNI AL diperintahkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut untuk menggelar berbagai kegiatan seperti Bakti Sosial, dan olah raga umum serta olahraga militer.


Menindaklanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, Lantamal XII mengelar lomba menembak pistol eksekutif yang diikuti Pejabat Utama Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal XII, Kadis dan Kasatker serta seluruh perwira Lantamal XII yang dilaksanakan di Lapangan Tembak Indoor Rahmat Kodam XII Tanjungpura, Jumat (03/12/2021).


Melalui panitia yang diketuai oleh Asisten Operasi Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Baharudin., S.M., M.H., M.Tr.Hanla, seluruh peserta lomba dihimbau untuk disiplin dan menerapkan aturan yang berlaku dilapangan tembak. Untuk itu Danlantamal XII menegaskan agar semua peserta selalu benar-benar disiplin dan meminimalisir kesalahan.


"Hal itu meliputi bagaimana seharusnya memperlakukan senjata ketika berada dilapangan tembak, tetap mengikuti instruksi pelatih serta tetap menjaga protokol kesehatan",  tegas Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman.


Materi yang dilombakan meliputi, Menembak 10 butir peluru dengan Slow Fire, selama 3 menit, kemudian dilanjutkan Rapid Fire 10 butir peluru, dengan terlebih dahulu menembak 2 Plat Besi, kemudian kesasaran tembak yang ditentukan, dengan durasi waktu 64 detik.


Pemenang dalam lomba menembak pistol eksekutif Pejabat Utama Lantamal XII akan diumumkan pada saat acara puncak HUT ke 76 Armada RI nanti di Mako Lantamal XII Pontianak, Wajok Kab. Mempawah.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I