Guna mempercepat Prov. Kalimantan Barat dalam menuju Herd Immunity, serta mempercepat proses transisi dari Pandemi Covid-19 menjadi Endemi, Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir), Andi Rukman kembali memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros, selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19, beserta Tim Vaksinator Lantamal XII untuk mendukung Gebyar Vaksinasi Masyarakat Kalbar yang digelar oleh unsur TNI/Polri dan Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, serta Dinkes Kab. Sanggau di Desa Adat Tae Kec. Balai Batang Tarang Kab. Sanggau Kalimantan Barat, Kamis (16/12/2021).


Dalam pelaksanaan Serbuan Vaksinasi ini, Tim Vaksinator Satgas Penanggulangan Covid-19 Lantamal XII, dan tim pendukung dipimpin oleh Paban Komsos dan Bakti TNI AL Spotmar, Letkol Marinir Drs. Ismail Efendy Rambe, berangkat pada waktu dini hari Kamis (16/12), karena untuk sampai di Desa Adat Tae Kec. Balai Batang Tarang Kab. Sanggau, dapat ditempuh sekitar 3 jam. 


Panitia Penyelenggara menyiapkan sebanyak 150 dosis vaksin jenis Sinovac, Astra Zeneca dan Pfizer, terhadap masyarakat yang belum menerima Vaksinasi dosis pertama maupun Vaksinasi dosis kedua.


Komandan Lantamal XII menekankan kepada Satgas untuk tetap memberikan pelayanan kepada seluruh komponen masyarakat, dengan mengedepankan pelayanan yang optimal dan humanis, sehingga terbentuk Herd Immunity di tengah masyarakat. Hal tersebut merujuk kepada arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Diharapkan Kondisi dan situasi Pandemi Covid-19 dapat segera diatasi. Sehingga pemerintah dapat mengambil langkah yang lebih baik, terutama masalah pertumbuhan perekonomian Nasional.


"Mari kita dukung terus Vaksinasi Covid-19, agar masyarakat sehat, karena melalui pemberian vaksin, daya tahan tubuh masyarakat akan lebih kuat dalam menangkal virus Covid-19. Tetap mendisiplinkan diri dengan mematuhi Gerakan 5 M, mengakselerasikan testing dan tracing, mengintensifkan screening peduli lindungi, agar Indonesia segera pulih dan bangkit bebas dari pandemi", kata Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I