Kodim 1205/Sintang menghadiri Apel Gelar Pasukan Oprasi Polisi terpusat Lilin Kapuas 2021 Dalam Rangka Pengamanan Perayaan Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah hukum Polres Sintang, Kamis (23/12/2021).


Kegiatan yang digelar di halaman Mapolres Sintang, Jalan Bhayangkara Baning Kota Sintang ini melibatkan 6 instansi yang nantinya akan bersama-sama melakukan pengamanan kegiatan tersebut, yakni Polres Sintang, Satbrimobda Polda Kalbar, Kodim 1205/Sintang, Denpom XII-1/Sintang, Satpol PP Kabupaten Sintang dan Dinas perhubungan Kabupaten Sintang.


Apel gelar pasukan Oprasi Lilin 2021 ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri sampai tingkat kesatuan kewilayahan.


Kapolres Sintang dalam amanatnya menyampaikan bahwa Apel Gelar pasukan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Oprasi lilin 2021, dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah, dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat ibadah yang tentu akan mengakibatkan aktifitas pada pusat keramaian, peningkatan aktifitas ini tentunya dapat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamsertibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan covid-19.


Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan kegiatan Oprasi Lilin 2021 yang dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 02 Janurari 2022, sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru bagi masyarakat.


Dalam kesempatan terpisah, Pasi Ops Kodim 1205/Sintang, Kapten Arm Iman Yulianto mengatakan, dengan diselenggarakannya apel gelar pasukan oleh Polres Sintang ini kita dapat menentukan kesiapan pasukan khususnya Kodim Sintang, serta alat peralatan yang nantinya dibutuhkan dalam pengamanan.


"Ini juga merupakan bentuk antisipasi dini dalam menentukan langkah-langkah pencegahan akan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, sehingga dalam mendukung kepolisian pada pelaksanaan tugas pengamanan ini kita benar-benar siap untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan kondusif," kata Iman.


"Dalam tugas ini juga kita TNI-Polri dan Instasnsi terkait lainya dapat semakin mengkokohkan sinergitas dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini," imbuhnya.


Sumber : Pendim 1205/Stg