Peringatan Hari Ibu ke-93


Sosok ibu dimata Edi Rusdi Kamtono, Walikota Pontianak, merupakan segala-galanya dalam hidupnya. Sebab, jasa seorang ibu sangat besar dan tak terhingga bagi anak-anak yang dilahirkannya, mulai dari merawat, mendidik hingga membesarkan anak-anaknya. 


"Terima kasih kepada ibu yang telah menjadikan kita seperti sekarang ini. Bagi yang masih memiliki ibu, berikanlah kebahagiaan untuk ibu kita, jadikan ibu selalu tersenyum melihat kehidupan anak-anak, cucu dan cicitnya," ujarnya usai peringatan Hari Ibu ke-93 di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (22/12/2021).


Sebagaimana pidato yang disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, para ibu diharapkan berperan dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Ibu-ibu bisa memegang peranan penting untuk bisa mengajak keluarga dalam menerapkan protokol kesehatan. Termasuk pula mengajak anggota keluarganya ikut mensukseskan vaksinasi Covid-19.


"Sehingga menjadi ibu-ibu yang tangguh, produktif dan kreatif," katanya.


Terpaan pandemi Covid-19 juga berdampak terhadap perekonomian keluarga. Oleh sebab itu, ibu juga memiliki peran penting dalam membantu mendukung perekonomian keluarga, misalnya memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada. 


"Harapan kita pandemi Covid-19 akhir tahun ini terkendali dan tidak terjadi lonjakan sehingga perekonomian berangsur pulih," tuturnya.


Sementara, untuk keterisian posisi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, mulai dari setingkat eselon dua, tiga dan empat, hampir 40 persennya diduduki oleh perempuan.


"Jadi sebenarnya banyak ibu-ibu, termasuk untuk ASN jumlahnya juga hampir sama dengan kaum pria. Ibu-ibu cukup berperan dalam jalannya roda pemerintahan di lingkungan Pemkot Pontianak," ungkapnya.


Ketua TP PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Kamtono menuturkan, di tengah pandemi Covid-19 ini, ibu-ibu harus berperan menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19. 


"Karena perempuan-perempuan Indonesia, saya yakin merupakan perempuan yang mandiri, teguh dan berani," imbuhnya.


Tak dipungkiri, perempuan dan kaum ibu di tengah pandemi Covid-19 mempunyai peran besar dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya dalam mengenyam pendidikan kala pembelajaran dilakukan secara daring.


"Selain itu, ibu juga berperan dalam mengelola keuangan keluarga dan mengawasi anak-anaknya," pungkasnya.


Sumber : Prokopim