Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si (Han) mewakili Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman, mengikuti Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2021.

Sebagai Inspektur Apel Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, S.I.K., M.H. yang dihadiri unsur Forkopimda Kalbar, dalam rangka PAM Natal dan Tahun Baru tahun 2022 di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar Jl. Jenderal Ahmad Yani No.1, Bangka Belitung Laut Kec. Pontianak Tenggara Kota Pontianak Kalbar, Kamis (23/12/2021).


Peserta Apel terdiri dari 1 SST Gabungan Pomad, Pomal dan Pomau, 1 SST Polda Kalbar, 1 SST Brimob Polda Kalbar, 1 SST Polresta Pontianak, dan 1 SSR Kodim 1207/Pontianak, serta 1 SSR Satpol-PP Kota Pontianak.


Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan guna melihat kondisi personel maupun material, serta untuk  pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin Lilin kapuas 2021” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, oleh Kepolisian Daerah Kalbar, serta unsur TNI, Pemda dan Mitra Kambtibmas  dalam mensukseskan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.


Dalam kesempatan tersebut inspektur upacara  memberikan beberapa penekanan antara lain Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.


Selain itu laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system, dan laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, dan mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, serta  tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.


"Sekecil apapun  peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak” Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan: “Selamat Hari Raya Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022”, kata Wakapolda dalam amanatnya.

Hadir dalam Upacara Apel Gelar Pasukan ‘Operasi Lilin Kapuas 2021 antara lain  Gubernur Prov. Kalbar diwakili Plh. Sekda Prov. Kalbar Bpk. Samuel, S.E., M.Si, Pangdam XII/Tpr diwakil Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., Danlantamal XII Pontianak diwakil Wadanlantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP., M.Tr (Han),  Danlanud Supadio diwakili Kadisops Lanud Supadio Kolonel Pnb Agung Indrajaya, M.Sc.,  Asops Kasdam XII/Tpr Letkol Inf Donny Ismuali Bainuri, Kajati Prov. Kalbar diwakili Wakajati Kalbar Bpk. Juniman Hutagaol, S.H., M.H., Dandim 1207/Pontianak diwakili Danramil Pontianak Selatan Mayor Inf Muslih,  Kapolresta Pontianak Kombes Pol Andi Herindra, S.I.K., Walikota Pontianak diwakili Wakil Walikota Pontianak Bpk. Bahasan, S.H., Bupati Kubu Raya Bpk. H. Muda Mahendrawan, S.H., dan Kasatpol PP Kota Pontianak Ibu Hj. Syarifah Adriana Farida, S.E., M.Si., serta Pejabat Utama Polda  Kalbar.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I