Babinsa dan Bhabinkamtibmas Serta Pihak Kecamatan Bantu Evakuasi ODGJ


Babinsa Koramil 1205-09/Ketungau Tengah, Serda Fiator, bersama Bhabinkamtibmas Polsek Ketungau Tengah, Bripka Borne dan Satpol PP Kecamatan Ketungau Tengah, Sdr Nola membantu Tenaga Kesehatan Puskesmas Ketungau Tengah, Sdr. Yadi beserta Bapak Tungkut (adik pasien) dalam melakukan evakuasi dan pengawalan pengamanan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Kecamatan Ketungau Tengah menuju RSUD Ade M Djoen Sintang, Sabtu (08/01/2022).

ODGJ a.n HK (54) warga Desa Senangan Kecil, Dusun Sepadung, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang tersebut rencananya akan dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Singkawang.


Menurut Serda Fiator, pengawalan ini dilakukan setelah sebelumnya mendapatkan ijin dari pihak keluarga dan Forkopimcam Ketungau Tengah yang selanjutnya diserahkan kepada tim untuk mengawal dari Kecamatan menuju Sintang dengan menggunakan Speed Boat.



"Keluarga dan pihak Kecamatan sudah menyerahkan kepada kita tim yang ditunjuk untuk mengawal sampai ke RSUD Sintang," jelasnya.


Lebih lanjut Fiator menjelaskan, sebelum dirujuk menuju Singkawang, HK terlebih  dahulu dilakukan Swab di RSUD Sintang.




"Ini dilakukan semata-mata demi keamanan tindakan pelayanan kesehatan jiwa, maklum saja, evakuasi juga menempuh jarak yang jauh, jadi ini sebagai tindakan keamanan kepada petugas yang melakukan evakuasi, sekaligus pengamanan pelayanan kesehatan bagi pasien ODGJ," tutur Serda Fiator.


"Kita berharap, setelah nanti dirujuk ke Singkawang, pasien bisa segera sembuh dan kembali ke masyarakat," pungkas Fiator.


Sumber : Pendim 1205/Stg









0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .