Bupati Sambas Apresiasi "Antara Goes to Campus" Peduli Lingkungan


Bupati Sambas, Satono, mengapresiasi kegiatan menanam pohon bertajuk “Bersama Tumbuh, Hijaukan Beranda Negeri” di Kampus Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) dalam agenda kegiatan Antara Goes to Campus, Kamis (27/1/2022).

Menurut Bupati, kegiatan tersebut juga mendukung salah satu dari sembilan visi misi Sambas Berkemajuan yakni Green Wolrd.


“Saya bahagia sekali hari ini, bersama Biro Antara Kalbar, Dinas Pendidikan dan, Direktur Poltesa Sambas, menanam pohon dalam rangka menghijaukan kembali daerah perbatasan, di Kampus Poltesa Sambas,” katanya. 


Bupati Satono mengatakan, kegiatan menanam pohon di Kampus Poltesa bisa menjadi starting awal bagi lembaga pendidikan untuk ikut andil peduli dengan lingkungan dan menghijaukan Kota Sambas. Dia ingin Poltesa menjadi role model bagi lembaga pendidikan lainnya dalam melestarikan lingkungan.


Orang nomor satu di Kabupaten Sambas itu menegaskan komitmen pemerintah daerah dalam melestarikan lingkungan degan tidak merubah status hutan kota menjadi lokasi pembangunan gedung. Dia juga memastikan setiap pembangunan di Sambas akan memperhatikan aspek-aspek lingkungan.


“Pembangunan silahkan dilaksanakan, baik itu ekonomi, infrastruktur dan sebagaianya, tapi lingkungan harus menjadi perhatian kita bersama. Jangan mengorbankan lingkungan untuk pembangunan,” katanya.


Bupati Satono mengatakan, dekat Kantor Bupati Sambas ada Hutan Kota yang sudah di SK-kan, dia tidak ingin SK tersebut dicabut dan Hutan Kota dijadikan lokasi pembangunan gedung. Karenanya, dia telah menginstruksikan agar Hutan Kota tersebut dirawat dan dilestarikan.


“Saya kepingin anak cucu kita bisa menikmati hijaunya Kota Sambas sebagai kota yang asri dan sejuk, kalau kita biarkan kayu pohon di kota ditebang sembarangan, nanti habis semua. Hutan kota ini berperan menyumbang oksigen untuk seluruh masyarakat Kabupaten Sambas. Walaupun tidak tampak secara kasat mata, tapi bisa kita rasakan kesejukannya,” katanya.


Senada, Direktur Politeknik Negeri Sambas, Yuliansyah mengatakan, lembaga pendidikan khususnya Poltesa sangat mendukung program menanam pohon yang digalakkan pemerintah dalam rangka melestarikan dan menjaga kehijauan Kota Sambas. Selama ini kata dia, Poltesa telah rutin menanam pohon di lingkungan kampus.


“Sebagai lembaga pendidikan tentunya kami sangat memahami bertapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan kehijauan Kota Sambas, untuk itu kami tentunya sangat mendukung kegiatan menanam pohon apapun bentuknya. Kita ingin Kota Sambas ini segar dan asri, mulai dari menanam pohon di lingkungan kampus,” pungkasnya.


Sumber : Humas Kab. Sambas

(Media Baru TVRI Kalbar)













0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .