DANLANTAMAL XII PONTIANAK MEMIMPIN ZIARAH KE TMP DHARMA PATRIA KUBU RAYA DALAM RANGKA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2022


Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman memimpin Ziarah sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2022. Ziarah dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria  Jl. Adi Sucipto, Kel. Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (13/01/2022).

Ziarah terpimpin tersebut diikuti oleh Para Pejabat Utama Lantamal XII, Para Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII, Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama, serta ASN jajaran Lantamal XII. Dalam kegiatan tersebut dihadiri  Ketua Korcab XII DJA I dan pengurus Jalasenastri. Korcab XII DJA I.


Ziarah yang dilakukan oleh keluarga besar Lantamal XII ini rutin dilakukan setiap tahun, dimana kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran di laut. Khususnya pertempuran Laut Arafuru yang terjadi di Laut Aru, Maluku, pada 15 Januari 1962 antara Indonesia dan Belanda.  Hal ini yang tonggak sejarah sehingga tanggal 15 Januari, ditetapklan sebagai hari Dharma Samudera. 



Mengawali kegiatan acara ziarah, Komandan Lantamal XII melaksanakan penghormatan umum kepada arwah para Pahlawan dan kemudian mengheningkan cipta, dilanjutkan peletakan karangan bunga di depan tugu, dan kemudian penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Selanjutnya Komandan Lantamal XII beserta para pejabat utama dan peserta ziarah lainnya melaksanakan tabur bunga di makam para Pahlawan.


Hal yang membanggakan seluruh Prajurit Lantamal XII bahwa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria ini terdapat 8 (delapan) Makam yang merupakan pahlawan TNI AL diantaranya, Mayor E. Ridwan, Kapten M. Basir Abdul Madjid, Letda Alichan, Peltu Lamuri Syamsudin, Klasi Abdul Salim, PLN II G. Hukom, KMD Kapal Alkai Ptk, Edy Tungkere Kapal Alkai Ptk dan Herman Yosef Ekono Siswoyo.


"Nilai-nilai perjuangan, keteladanan dan kepemimpinan yang telah ditorehkan oleh para prajurit Jalasena yakni Komodor Yos Sudarso beserta para kusuma bangsa patut menjadi contoh dan teladan bagi kita generasi penerus bangsa," ujar Danlantamal XII.


Kegiatan berjalan dengan tertib aman dan lancar. Selama pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Sumber : Dispen Lantamnal XII, Koarmada I











0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .