Destinasi Wisata Alam Bengkayang


Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam, wisata air terjun, wisata budaya dan wisata sejarah.

Salah satu wisata air terjun yang cukup menarik berada di Kecamatan Tujuh Belas yang dekat dengan perbatasan Indonesia – Malaysia.

Dikelilingi Hutan dan Lahan Pertanian yang asri, Tanggi Rafting yang terletak di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Wilayah ini menawarkan daya tarik wisata yang memiliki keunikan, otentik, keindahan dengan keragaman kekayaan alam.


Untuk menuju destinasi ini memerlukan waktu tempuh perjalanan sekitar 90 menit dari Kota Bengkayang, dengan jarak sekitar 65 km. Setibanya di wilayah tersebut pengunjung akan disuguhkan tiga spot wisata air yang trend disebut Tanggi Rafting



Disebut Tanggi Rafting karena tiga spot wisata tersebut berada dalam satu aliran sungai Tanggi yang airnya sangat bersih dan bebas dari pencemaran. 

Pertama disuguhkan Air Terjun Riam Merasap yang memiliki keunikan yaitu miniatur dari Air terjun Niagara yang berada di negara Amerika Serikat. 

Kedua Riam Pangar yang letaknya berada diatas riam merasap dan merupakan destinasi arung jeram di wilayah ini.

Ketiga Riam Parangek dengan jarak yang tidak terlalu jauh satu sama lainnya sehingga wisatawan dapat menikmati beberapa air terjun yang indah dalam perjalanan rafting.

Tanggi Rafting dikelola oleh beberapa kelompok sadar wisata di Desa Pisak.



Sejuknya air pegunungan yang masih bersih dapat pengunjung rasakan pada aliran sungai Tanggi tersebut. Selain itu udara segar dari pepohonan hutan tropis Kalimantan begitu segar dan bebas polusi. 


Penulis : Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar)










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .