Digitalisasi UMKM, Dekranasda Pontianak Gandeng Tokopedia dan Dana

Teken MoU Kerjasama Pemasaran dan Pembayaran Secara Digital Serta Pelatihan

Dalam rangka mengembangkan dan mendorong sektor UMKM di Kota Pontianak, Dekranasda Kota Pontianak menggandeng marketplace Tokopedia dan penyedia aplikasi e-money, Dana dalam bentuk kerjasama. Kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ini bertujuan untuk pengembangan perajin melalui platform digital, edukasi pembayaran secara digital, pelatihan dan pengembangan kapasitas UMKM serta pemasaran produk UMKM di bawah binaan Dekranasda Kota Pontianak.


Ketua Dekranasda Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie Kamtono menerangkan, awal kerjasama ini dimulai dari pertemuan melalui zoom meeting dan pembahasan item-item terkait MoU serta potensi kerjasama yang dapat dikembangkan ke depan dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Hingga disepakati MoU antara kedua pihak yang diteken pada hari ini. Ia berharap kerjasama yang terjalin ini menjadi motivasi bagi UMKM di masa pandemi Covid-19 dengan keterbatasan ruang dan gerak. 


"Sehingga kehadiran Tokopedia dan Dana sebagai penyedia aplikasi marketplace dan e-money ini sangat membantu pelaku UMKM untuk lebih leluasa berekspresi dan berinovasi melalui kedua platform tersebut," ujarnya usai penandatanganan MoU antara Dekranasda Kota Pontianak dengan PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) dan PT Tokopedia di Ruang Pontive Center, Kamis (27/1/2022).


Ia menambahkan, dengan adanya kesepakatan dengan kedua platform aplikasi itu diharapkan membantu sektor UMKM dalam pemasaran produk-produknya maupun dalam sistem pembayaran non tunai atau cashless. Namun demikian yang menjadi tantangan Dekranasda adalah bagaimana terus memperbaiki, menjaga dan memotivasi UMKM agat produknya lebih berkualitas.


"Sehingga bisa dipasarkan di marketplace Tokopedia dan Dana," ungkapnya.


Selain kerjasama tersebut, lanjutnya, kedua platform itu juga membantu dalam memberikan pelatihan, mulai dari pemasaran, mengatur pola keuangan UMKM dan sebagainya. Ada sekitar 40 pelaku UMKM yang terus dibimbing oleh Dekranasda Kota Pontianak dalam implementasi kerjasama ini.


"Saya berharap dengan MoU ini bisa memotivasi UMKM sehingga muncul inovasi untuk menghasilkan produk yang baik dan berkualitas," tuturnya.


Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyambut baik adanya kerjasama antara Dekranasda Kota Pontianak dengan kedua platform tersebut. Dia berharap penandatanganan MoU itu bisa meningkatkan kelas UMKM Kota Pontianak, tidak hanya pada level lokal, tetapi juga level nasional hingga dunia. Apalagi pemasaran kerap menjadi hambatan bagi UMKM. 


"Dengan kerjasama ini akan ada pelatihan-pelatihan dan pendampingan, mulai dari produk hingga pemasaran," imbuhnya.


Melalui kerjasama ini, produk-produk unggulan Kota Pontianak mampu naik kelas dan dipasarkan secara digital. Edi berharap kerjasama ini memberikan nilai tambah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak.


"Kita selalu memberikan ruang dan fasilitas agar Dekranasda berkembang," sebutnya.


Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah PT Tokopedia, Emmiryzan menuturkan pihaknya mendukung Dekranasda Kota Pontianak dengan menyediakan sebuah toko official khusus di Tokopedia.


"Nantinya toko official Dekranasda Kota Pontianak ini akan memasarkan produk-produk unggulan dari pengrajin UMKM di Kota Pontianak agar bisa mengakses ke pasar yang lebih luas di seluruh indonesia melalui Tokopedia," jelasnya.


Selain dukungan dengan menyediakan toko official khusus, pihaknya juga membantu melalui program Kelas Maju Digital untuk membantu UMKM agar bisa masuk ke digital dengan lebih baik.


"Tentu saja tidak hanya sekadar masuk, akan tetapi juga tumbuh," ucapnya.


Chief of People and Corporate Strategy Officer Dana Indonesia, Agustina Samara menilai Kota Pontianak memiliki potensi dengan kekayaan kuliner dan UMKM yang potensial untuk dikembangkan di era digital seperti sekarang ini.


"Dana Indonesia akan membantu Kota Pontianak untuk mendigitalisasi perekonomiannya baik melalui pelatihan UMKM, maupun pemakaian dan marketing produk UMKM dan seluruh program di Kota Pontianak agar bisa lebih berkembang baik makro maupun mikro," tutupnya.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .