Gunawan Terpilih Menjadi Ketua Dayak Taman Sekadau


Dalam Mubes I (Perdana) Dayak Taman Sekadau yang dilaksanakan di gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) nomor 12 Rirang Jati kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau, dihadiri oleh Ketua Adat Dayak Taman dari delapan (8) desa dan dua Kecamatan, yakni Kecamatan Rawak dan Kecamatan Nanga Taman.

Musyawarah Besar ke-1 Suku Dayak Taman Sekadau tahun 2022 dibuka langsung oleh Camat Nanga Taman, Paulus Ugang, Sabtu (29/1/2022).


Dalam sambutannya, Camat Nanga Taman Paulus Ugang mengatakan, musyawarah besar ini sebagai upaya membentuk kepengurusan suku Dayak Taman sebagai wadah berkumpul dan berkreatifitas antar anak muda untuk melestarikan budaya dan adat istiadat. 


"Semoga Mubes ini dapat melahirkan pemimpin yang bukan hanya terpilih secara proses formatur persidangan tetapi  benar-benar terpanggil berkarya dan melayani," katanya. 


Ia juga berharap pengurus yang terpilih pada Musyawarah Besar perdana tersebut mampu mewujudkan program kerja yang baik dan merangkul semua unsur lapisan Dayak Taman agar bersinergi bersama suku-suku lainnya dan Pemerintah Kabupaten Sekadau.


Pada kesempatan yang sama Anggota DPRD Sekadau Dapil 2 dari fraksi Demokrat Hasan yang turut hadir pada Mubes tersebut mengatakan, DPRD Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi dan mendukung Mubes tersebut, karena ia menilai, pastinya dari kegiatan ini akan berdampak kepada pelestarian adat budaya serta memiliki andil besar untuk berkontribusi membangun Sekadau bersama Pemda.


"Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi kita untuk terus tumbuh dan berkembang serta meningkatkan sumber daya manusia yang baik dalam pelestarian adat budaya," pintanya. 


Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Nanga Taman, Petrus Onem menyampaikan DAD kecamatan Nanga Taman sangat mendukung kegiatan Musyawarah Besar ke-1 suku Dayak Taman tahun 2022.


"Semoga musyawarah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan semoga dengan adanya Mubes ini kami harap bisa memilih ketua yang baik, peduli, paham dan mampu  menjalankan tugas dengan baik," kata Onem. 


Ketua Panitia Mubes ke-1, Tito Donatus mengatakan, rangkaian acara dimulai dari pembukaan musyawarah dilanjutkan dengan sidang pleno yang berkaitan dengan penetapan organisasi dan penetapan salam khas suku Dayak Taman serta acara puncaknya adalah pemilihan ketua umum suku Dayak Taman Kabupaten Sekadau. 


"Calon ketua umum ada 4 orang dan ketua terpilih nanti akan membentuk kepengurusan dan akan membentuk ADRT. Selanjutnya akan melegalitaskan organisasi suku Dayak Taman ini, agar terdaftar di Kesbangpol," pungkasnya. 


Dari 4 calon kandidat dalam pemilihan Ketua Sub Suku Dayak Taman tersebut Gunawan terpilih menjadi ketua. Dari perolehan suara Gunawan mengungguli 3 kandidat lainnya. Dan untuk jadwal pelantikan, akan ditentukan kemudian.


Usai pelaksanaan Mubes dan atas tepilihnya pengurus Dayak Taman Sekadau, Sabinus Suparjo, Wakil Sekretaris DAD Kecamatan Sekadau Hilir mengucapkan Selamat atas terpilihnya Gunawan menjadi Ketua Umum Suku Dayak Taman Sekadau dan menaruh harapan yang sama dalam memajukan Sekadau melalui pelestarian Adat Budaya sebagai aset Bangsa Indonesia yang hakiki.

Sabinus Suparjo juga menjelaskan, bahwa pada Mubes tersebut juga telah menetapkan nama organisasi dan sebutan penamaan suku.


"Nama Organisasi yang ditetapkan dan disahkan dari hasil poling pada Mubes ke-1 itu adalah "Ayongk Taman Sekadau" (ATS) dan sebutan nama sukunya adalah "Dayak Taman Sekadau." Hal ini bertujuan agar diketahui publik, baik di Kabupaten Sekadau maupun diluar Kabupaten Sekadau", pungkasnya.


Penulis : Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar)





0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .