Kembangkan Sorgum di Perbatasan, Kasad Apresiasi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns 


Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman,S.E.,M.M., memberikan apresiasi kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti yang telah membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan. Hal tersebut disampaikan Kasad saat melaksanakan kunjungan kerja di Pos Kotis Entikong, Rabu (5/1/2022).


Selama ini Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns yang dikomandoi Letkol Inf Hendro Wicaksono selain melaksanakan tugas pokoknya menjaga wilayah perbatasan juga mengembangkan tanaman Sorgum.



Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns memberikan pelatihan dan edukasi tentang cara bercocok tanam Sorgum kepada masyarakat di wilayah perbatasan. Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. 


Sorgum dapat dijadikan sebagai bahan pangan alternatif, berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan kedelai. Juga merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika.


Kasad menyampaikan, upaya yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas dalam mengembangkan Sorgum sudah sesuai dengan perintah harian Kasad dimana TNI harus selalu hadir di tengah kesulitan masyarakat.


Terlebih kondisi bangsa yang saat ini dilanda pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat. Banyak yang di PHK dan kehilangan mata pencaharian.


"Maka TNI harus hadir karena kalian sebagai garda terdepan dan benteng terakhir apabila terjadi kesulitan - kesulitan di negeri ini," kata Kasad.


Untuk itu Kasad menyampaikan, agar apa yang sudah dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns terus dikembangkan kedepannya.


"Ini cukup membanggakan dan harus dikembangkan, karena masyarakat sangat tergantung kepada kita. Silahkan berkolaborasi dengan Pemda sehingga kalian disini berdampak," pesan Kasad.


Sumber : Pendam XII/Tpr











0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .