Kisah Ismail Temukan Gelang Emas dan Kembalikan kepada Pemiliknya


Walikota Apresiasi Kejujuran Seorang Juru Parkir


Kejujuran Ismail (33), seorang juru parkir (jukir) yang bertugas di depan Toko Pasifik Jalan Tanjung Raya II Pontianak Timur patut menjadi contoh bagi jukir lainnya. Berawal ketika ia sibuk mengatur kendaraan yang diparkir di depan toko, tak sengaja matanya tertuju pada gelang emas yang terletak tepat di bawah mobil. Lantas ia pun memungut gelang tersebut untuk dikembalikan kepada pemiliknya yang diketahui bahwa gelang emas seberat 50 gram itu milik Toko Emas Polaris yang berada tak jauh tempat ditemukannya.


Atas kejujuran Ismail, Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi dengan memberikan tali asih dan sembako kepada jukir yang dinilainya patut menjadi teladan bagi jukir lainnya. 


"Apa yang dilakukan Pak Ismail ini menunjukkan bahwa jukir kita mempunya integritas dan kejujuran. Saya harap Pak Ismail bisa menjadi contoh teladan bagi jukir lainnya," ujarnya usai menyerahkan tali asih dan bantuan sembako kepada Ismail di Ruang VIP Wali Kota, Rabu (12/1/2022).


Edi mengimbau para jukir untuk bisa mencontoh perbuatan Ismail dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan dan mengatur parkir kendaraan. Misalnya, apabila ditemukan barang-barang yang tertinggal di kendaraan atau kunci motor yang masih menempel karena pemilik lupa mencabutnya, jukir bisa mengamankannya dan mengembalikan kepada pemiliknya.


"Jaga integritas, kejujuran dan amanah selaku jukir," tuturnya.


Ismail mengungkapkan, tindakannya mengembalikan gelang emas yang ditemukannya sudah sepatutnya dilakukan karena itu bukanlah hak atau miliknya. 


"Gelang itu bukan milik saya, saya harus mengembalikan kepada pemiliknya," ucapnya.


Dia juga mengajak rekan-rekan seprofesinya untuk berlaku jujur. Apalagi jika menemukan barang-barang yang tertinggal atau tercecer, sebaiknya dikembalikan kepada pemiliknya.


"Misalnya kalau ada pemilik kendaraan yang tertinggal handphone di laci sepeda motornya, sebaiknya diamankan kemudian dikembalikan kepada pemiliknya," imbuhnya.


Ismail tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Edi Kamtono yang telah memberikan apresiasi kepada dirinya selaku jukir. 


"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak H Syarif Ishak Almutahar yang sudah membina saya dalam berbudi pekerti, akhlak dan berlaku jujur," tutupnya.


Sumber : Prokopim










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .