Bupati Sambas, Satono, mengapresiasi kegiatan sosialisasi pembekalan keterampilan pertanian dan peternakan melalui fermentasi pupuk kompos, pakan ternak, penyubur tanah dan minuman ayam yang digelar oleh Kodim 1208 Sambas, Kamis (20/1/2022).


Kegiatan sosialisasi dalam rangka menumbuhkan sektor pertanian di masa pandemi Covid-19 itu juga melibatkan Polres Sambas, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sambas, perwakilan Gapoktan di Sambas dan pengisi materi dari Magelang, Dadang Asto.


“Saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih banyak kepada Pak Dandim dan Pak Kapolres yang sudah ikut bersama-sama Pemerintah Kabupaten Sambas, dalam rangka menumbuhkan sektor pertanian,” katanya.


Bupati Satono berharap, mudah-mudahan ilmu yang diberikan oleh pemateri kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Gapoktan bisa ditransfer lagi ke petani sebagai edukasi dan penyuluhan pertanian.


“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan yang digelar selama dua hari ini bisa ditransfer nilai edukasinya ke petani. Apalagi narasumber yang dihadirkan dari Magelang, jauh sekali dan bukan kaleng-kaleng,” katanya.


Bupati Satono mengatakan, sosialisasi pembekalan keterampilan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Sambas dalam rangla meningkatkan ekonomi kerakyatan. Dia ingin lahan petani bisa tumbuh subur dengan pupuk alternatif tersebut.


Sementara itu, Komandan Kodim 1208 Sambas, Letkol Inf Dadang Armada menjelaskan, melalui kegiatan tersebut, dia mengajak Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan masyarakat bersatu padu membangun sektor pertanian di masa pandemi Covid-19.


“Sosialisasi ini saya harap dapat berdampak positif bagi petani dan peternak. Saya harap ke depan petani dan peternak di Kabupaten Sambas bisa mengolah pupuk kompos sendiri,” pungkasnya.


Sumber : Humas Kab. Sambas

(Media Baru TVRI Kalbar)