Dalam rangka HUT ke-59 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) tahun 2022 Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, menyelenggarakan latihan menembak pistol Kowal yang diikuti seluruh parajurit Kowal Lantamal XII, dilapangan Tembak Indoor Rahmat Kodam XII Tanjungpura, Jl. Alianyang No.1, Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jumat (21/01/2022).


Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman menyampaikan, bahwa latihan menembak yang dilaksanakan tersebut khusus prajurit Kowal. Latihan menembak yang dilaksanakan Kowal Lantamal XII merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, untuk dilaksanakan di semua Kotama TNI AL.


"Saya juga sudah memerintahkan Komandan Lanal Ketapang untuk melaksanakan latihan menembak kepada Prajurit Korps Wanita Angkatan laut yang ada berdinas di Lanal Ketapang walaupun hanya 1 orang saja", tegas Danlantamal XII Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman.



Selain itu juga Komandan Lantamal XII menyampaikan bahwa kemampuan dan kemahiran menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AL, sehingga harus dilaksanakan secara rutin, terprogram dan berkesinambungan. Oleh sebab itu setiap prajurit harus memiliki kemahiran menembak dengan berlatih dan terus berlatih agar dapat lebih memantapkan konsentrasi dalam membidik sasaran tembak dengan tepat. 


Komandan Lantamal XII juga berpesan kepada seluruh peserta latihan untuk disiplin dan menerapkan aturan yang berlaku di lapangan tembak, yakni bagaimana seharusnya memperlakukan senjata ketika berada di lapangan tembak, tetap mengikuti instruksi pelatih serta tetap menjaga protokol kesehatan.


"Latihan menembak bagi para prajurit TNI sangat mutlak, guna meningkatkan profesionalisme dalam mengasah kemampuan naluri tempur", katanya. 


Latihan menembak para prajurit Lantamal XII menggunakan senjata laras pendek berupa Pistol G2 Combat dan Sig Souer, diikuti oleh para Kadis dan Kastker jajaran Lantamal XII serta seluruh Prajurit Kowal Lantamal XII.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)