Menjelang dilaksankannya Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak dari Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, kepada Laksamana Pertama TNI  Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR, sebagai Danlantamal XII Pontianak yang baru, telah dilaksanakan pembacaan dan penyerahan naskah memorandum Sertijab Danlantamal XII  bertempat di Ruang Rapat Spers Koarmada I. Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan keputusan Panglima TNI dan Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Minggu (30/01/2022).

Usai melaksanakan pembacaan dan penyerahan naskah memorandum Sertijab Danlantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, memperkenalkan beberapa Pejabat Asisten Danlantamal XII yang ikut hadir dalam pelaksanaan memorandum tersebut, selanjutnya memaparkan tugas, wewenang  dan tanggung jawab Komandan Lantamal XII kepada pejabat Komandan Lantamal yang baru, serta menyampaikan tugas-tugas yang sudah, sedang dan yang belum terlaksana  serta permasalahan yang ada di Lantamal XII, baik personel, material serta kegiatan operasi kepada Danlantamal XII Pontianak yang baru.


Selanjutnya Laksamana Pertama TNI, Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR, sebagai Danlantamal XII yang baru menyampaikan ucapan terima kasih kepada Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, atas apa yang sudah dilakukan di Lantamal XII, selanjutnya memohon doa dan dukungannya kepada Pejabat Utama Lantamal XII yang ikut hadir dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan, dan mengatakan akan melanjutkan program kerja dan rencana yang telah dibuat pendahulunya sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya sebagai Danlantamal XII Pontianak.


Pejabat Utama Lantamal XII yang hadir dalam acara pembacaan dan penyerahan memorandum tersebut yaitu Asrena Danlanatamal XII, Kolonel Laut (S) Agung Widodo, M.Tr.Hanla., Asops Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Erwin Baharudin, M.Tr Hanla., S.H., M.H., Dansatrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., Ka Akun Mayor Laut (S) Junaidi. S.E., M.Tr. Opsla., Dan KRI Sembilang Mayor Laut (P) Yahya Junarko, S.T.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)