Pangdam XII/Tpr Beri Arahan Prajurit Yonif 645/GTY Yang Tergabung Dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia


Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., memberikan pengarahan kepada Prajurit Yonif 645/Gardatama Yudha yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia bertempat di Mayonif 645/GTY, Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (29/1/2022).


Pengarahan kali diikuti sebanyak 550 prajurit yang baru saja selesai melaksanakan Latihan Pratugas. Para prajurit tersebut saat ini dipersiapkan oleh Kodam XII/Tpr untuk melaksanakan tugas operasi menjaga wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.


Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto dalam arahannya menyampaikan, tugas operasi kali ini akan lebih mudah karena dilaksanakan di wilayah sendiri bukan di wilayah Kotama yang lain. 


Adapun tugas pokoknya, kata Pangdam, adalah menjaga wilayah perbatasan, mencegah terjadinya penggeseran patok batas negara, serta mencegah kegiatan ilegal di wilayah perbatasan. Seperti penyelundupan Narkoba, Trafficking, illegal Minning dan lain sebagainya. 


Pangdam XII/Tpr mengharapkan, selain melaksanakan tugas pokok tersebut, nantinya dalam penugasan diharapkan kepada Satgas untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan membantu kesulitan masyarakat perbatasan.


"Jadi lakukan itu, namun tidak boleh mengurangi kesiapsiagaan kalian dalam menjaga perbatasan kita. Banyak yang kalian bisa lakukan dan perbuat di perbatasan untuk membantu masyarakat," harapnya.


Selanjutnya Pangdam berpesan, agar selama penugasan nantinya Prajurit selalu menjaga nama baik perorangan, keluarga dan satuan. 


"Kalian secara kesehatan, mental ideologi dan psikologi sudah dinyatakan lulus untuk melaksanakan tugas operasi. Laksanakan itu penuh dengan rasa tanggung jawab," pesan Mayjen TNI Sulaiman Agusto.


Sumber : Pendam XII/Tpr

(Media Baru TVRI Kalbar)

















0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .