Komandan Lantamal XII, yang diwakili Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP.,M.Si (Han)., mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi  "LIONG KAPUAS 2022" dalam Rangka PAM Tahun Baru Imlek 2573 dan Perayaan Cap Go Meh Tahun 2022 di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar. Bertindak selaku Irup dalam apel ini yakni Kapolda Kalbar Irjen. Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M. dan selaku Danup Apel Kasubditgasum Ditsamapta Polda Kalbar AKBP Riki Renerika Rianto, S.E. Senin (31/01/2022).


Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Liong Kapuas 2022 dalam rangka Pam Imlek 2573 dan Cap Go Meh Tahun 2022 terdiri dari unsur TNI (Kodam XII Tanjung Pura, Lantamal XII Pontianak, Lanud TNI AU Supadio), serta semua unsur satuan Polda Kalbar, dan gabungan Satpol PP Kalbar serta  Dishub Kalbar.


Pada Apel tersebut, Kapolda Kalbar menyampaikan tujuan gelar pasukan ini untuk mengetahui kesiapan personel dan sarana prasarana serta mengingatkan kepada masyarakat tentang adanya Imlek 2573 dan Cap Go Meh Tahun 2022 yang harus dijaga bersama-sama keamanannya, serta pelaksanaan Imlek 2573 dan Cap Go Meh Tahun 2022 ini kita masih berada dalam situasi Covid-19. Untuk itu agar dipastikan tetap mengutamakan Protokol kesehatan, serta perayaan Imlek 2573 dan Cap Go Meh Tahun 2022 di wilayah Kalbar membutuhkan stabilitas Kamtibmas yang tinggi, oleh karena itu peranan TNI/Polri sangat besar untuk menjaga keamanannya, sehingga dibutuhkan sinergitas untuk mewujudkan kemanan di Kalimantan Barat.


Sementara itu Gubernur Kalbar menyampaikan bahwa saat ini situasi Covid 19 Kalbar mulai semakin meningkat, sehingga orang nomor satu di Kalbar itu  menghimbau dalam menjaga protokol kesehatan haruslah benar benar ekstra agar penyebaran Covid 19 di wilayah Kalbar dapat dikendalikan.



Sedangkan Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP.,M.Si (Han)., mengingatkan kepada prajurit Lantamal XII yang ikut terlibat mendukung Polda Kalbar dalam rangka Pam Imlek 2573 dan Cap Go Meh Tahun 2022, untuk tetap berpedoman pada SOP yang ditentukan.


"Disamping menjalankan tugas utama agar tetap menjaga kesehatan serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga ketika kembali tidak membawa virus Covid-19", tegas Wadan lantamal XII.


Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Liong Kapuas 2022 dalam rangka Pam Imlek 2573 dan Cap Go Meh Tahun 2022, antara lain Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P. M.M., Danlantamal XII, diwakilkan Wadan Kolonel Laut (P) Suhendro,S.Ap., M.Si., Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak., Kajati Kalbar Danpomdam XII/Tpr, DR. Masyhudi, S.H., M.H., Kadinkes Prov Kalbar, dr. Harisson, M. Kes., Kadisporapar, Prov Kalbar Windy Prihastari, S., STP, M.Si., Kasatpol PP, Prov  Kalbar, Y. Anthonius Rawing, Ka. KSOP Pontianak, Capt. Mozes Imanuel Karaeng, Ka. BPBD Prov. Kalbar, Christianus Lumano, Ka. Basarnas Pontianak, Yopi Hatiyadi, dan Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, serta Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)