Asisten Operasi Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Erwin Baharudin., S.M., M.H., M.Tr.Hanla., dengan didampingi, Dantim Intel Lantamal XII, Letkol Laut (P) Suryadi Permana, S.E., M.Tr. Hanla., Komandan KRI Siribua, Mayor Laut (P) Subarkah., dan Komandan KRI Sembilang, Mayor Laut (P) Yahya Junarko bersama prajurit Lantamal XII melaksanakan Meerploeg kedatangan KRI Teluk Lampung – 540, dengan Komandan Kapal, Letkol Laut (P) Rully Tri Anggoro, bertempat di Dermaga Pelabuhan Dwikora Pontianak, JL. Pak Kasih Kota Pontianak Kalbar, Minggu (23/01/2022).


KRI Teluk Lampung - 540, merupakan salah satu Kapal Perang dalam jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 2 Surabaya. 


Kedatangan KRI Teluk Lampung – 540 di Pontianak dalam rangka melaksanakan Bekal Ulang Logca (Logistik cair) meliputi air tawar dan BBM, sehubungan dengan Operasi Kamla di Perairan Wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI -1), selain itu juga membawa Logistik/Kaporlap milik Prajurit Lantamal XII, yang dititipkan oleh Dopusbekbar untuk Lantamal XII. Kemudian dilakukan serah terima barang oleh Kadiv Senbah KRI Teluk Lampung 540 Letda Laut (P) Dedi Wahudi kepada Kadisbek Lantamal XII, Letkol Laut (S) Trisetyo P., M.Tr.Opsla.


Selain itu kedatangan KRI Teluk Lampung – 540 di Wilayah Kerja Lantamal XII cukup beralasan, karena Pangkalan Utama TNI AL Pontianak memiliki tugas pokok untuk menyelenggarakan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI AL (Kapal, Pesud dan Marinir) dan melaksanakan pembinaan potensi maritim dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki Pangkalan sendiri maupun yang terkait.


Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, melalui Asops Danlantamal XII menyampaikan bahwa Lantamal XII berkewajiban mendukung fasilitas labuh dan pelayanan prima bagi kapal perang yang melaksanakan tugas di wilayah kerja Lantamal XII Pontianak, sehingga dapat melaksanakan operasi dengan hasil maksimal.


Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)