Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bantu Warga Memanfaatkan Limbah Tulang Sotong Di Perbatasan


Upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dimasa pandemi covid-19, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns membantu memanfaatkan limbah tulang sotong di Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kec. Paloh, Kab. Sambas.


Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keteranga tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau mengatakan 3 orang personil Pos Temajuk dipimpin Serda Rangga membantu salah seorang warga dusun Camar Bulan, Budang (42) dalam memanfaatkan limbah tulang sotong.


Dansatgas mengungkapkan tulang sotong diketahui mengandung 85 persen kalsium karbonat (CaCO3) yang merupakan komponen utama HA. Selama ini tulang sotong hanya dipakai sebagai pakan burung karena kandungan kalsiumnya dan bahan bubuk kosmetik, namun sekarang sudah digunakan sebagai material pengisi cedera tulang bagi manusia.


"Tentunya dengan banyaknya manfaat yang dapat diberikan tulang sotong banyak permintaan baik dari dalam maupun luar negeri untuk pengolahannya. Hal ini dilakukan oleh bapak Budang sebagai pengolah limbah tulang sotong di wilayah perbatasan, untuk itu pos Temajuk membantu dari mencari bahan di pesisir pantai sampai dengan mengolahnya untuk siap dikirim ke pembeli di wilayah Sambas", terang Dansatgas.


"Dimasa pandemi covid-19 ini kita selalu memberi motivasi kepada masyarakat untuk tetap semangat dalam berusaha sehingga bisa menunjang perekonomian keluarga", imbuhnya.



Terpisah Danpos Temajuk Letda Inf Baso Djufri mengatakan bahwa kegiatan anjangsana membantu salah satu warga di wilayah binaan adalah upaya untuk memotivasi agar warga selalu bersemangat dan berusaha untuk meningkatkan perekonomian  yang semakin berat dimasa Pandemi Covid-19.


“Kami berharap dengan bantuan tenaga dan motivasi yang kami berikan dapat menambah semangat bagi warga untuk menunjang perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19 ini,” ucap Danpos.


Sementara itu bapak Budang mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dan partisipasi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dalam membantu usaha limbah tulang sotong miliknya. 


“Selama ini Satgas Pamtas selalu membantu segala usaha yang dimiliki masyarakat dan selalu memotivasi kami untuk selalu bersemangat, terima kasih Satgas Pamtas semoga selalu diberikan kelancaran dan keberhasilan dalam bertugas,” ucap Budang.


Sumber : Pen Satgas Pamtas 643/Wns

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .