Satu bangunan kandang ayam di Desa Lingga, kecamatan Sungai Ambawang, kabupaten Kubu Raya ludes terbakar, Senin (10/12022) malam.


Akibat dilalap api, Kandang ayam yang terbuat dari bahan semi permanen itu hanya menyisakan kayu - kayu yang sudah menjadi arang.


Kapolsek Sungai Ambawang Iptu Teuku Rivanda Ihksan melalui Paur Subbag Humas Polres Kubu Raya Aiptu Dodik Yulianto menyampaikan bahwa api pertama kali terlihat dari lokasi pada sekitar pukul 19.45.


Ia menjelaskan, saat itu warga yang berada di lokasi berusaha memadamkan api dengan berbagai peralatan seadanya, namun api yang berkobar begitu besar dan sudah membakar seluruh bagunan membuat warga kewalahan.

Tidak lama setelah itu, petugas pemadam dari berbagai wilayah Kabupaten Kubu Raya dan Pontianak pun datang ke lokasi dan berhasil melakukan pemadaman.


"Api berhasil dipadamkan pada pukul 20.45 WIB oleh tim pemadam kebakaran dari berbagai wilayah Kubu Raya dan Pontianak,''ujarnya.


Dari hasil pemeriksaan saksi, kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh korsleting arus pendek listrik karena kandang ayam yang terbakar sudah tidak beroperasi sekira 1,5 tahun namun aliran listriknya masih aktif.


"Struktur bangunan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar (kayu dan atap daun sagu) serta banyaknya peralatan peternakan ayam yang terbuat dari plastik sehingga menyebabkan api cepat menyebar, dan dari kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa, dan hanya menimbulkan kerugian materil,'' tutupnya.


Sumber : Humas Polres Kubu Raya