Tanam 1.500 Pohon Serentak di Pontianak Peringati HUT ke-65 Pemprov Kalbar


Wako Edi Kamtono : Selain Ditanam, Pohon Juga Harus Dirawat


Sebanyak 1.500 pohon ditanam secara serentak di enam kecamatan se-Kota Pontianak. Penanaman pohon serentak ini digelar oleh Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kalbar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar. 


Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi kegiatan bertajuk Penanaman Sejuta Pohon bertepatan dengan momentum HUT ke-65 Pemprov Kalbar sebagai upaya menjadikan Kota Pontianak lebih hijau dan sejuk. Di Kota Pontianak terdapat lebih dari 30 ribu pohon yang ditanam dengan berbagai jenis. Penghijauan yang dilakukan dengan menanam pohon sebagai langkah mewujudkan Pontianak sebagai kota yang hijau dan berwawasan lingkungan sesuai visi dan misi Kota Pontianak.


"Selain menanam pohon, saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk menjaga dan merawat pohon yang telah kita tanam," ujarnya usai melakukan penanaman pohon di Jalan Paralel Sungai Raya Dalam Kecamatan Pontianak Tenggara, Jumat (21/1/2022).


Ia berharap penanaman pohon ini tidak hanya pada momentum peringatan hari-hari tertentu saja, akan tetapi terus berkelanjutan. Menurutnya, masih ada beberapa lahan kosong terutama tepian jalan dan ruang yang terbengkalai yang ditumbuhi semak belukar. Lahan-lahan tersebut dikelola pihaknya menjadi taman dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan pepohonan yang rindang.


"Saya juga mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon di pekarangan rumah, halaman perkantoran dan lahan-lahan yang ada," tuturnya.


Pada penanaman pohon secara serentak ini, terdapat berbagai jenis pohon seperti trembesi, spatudea, mahoni, takoma, angsana. Untuk lokasi di Jalan Paralel Sungai Raya Dalam, pohon yang ditanam berjenis trembesi. Dipilihnya jenis trembesi ini agar masing-masing kawasan memiliki karakter tersendiri sehingga lebih teratur dan rapi.


"Pohon-pohon yang ditanam ini diperkirakan dalam dua tahun sudah tumbuh rindang," ungkap Edi.



Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Lismaryani Sutarmidji menuturkan penanaman sejuta pohon dalam rangka HUT ke-65 Pemprov Kalbar digelar serentak di 14 kabupaten/kota se-Kalbar. Selain menanam pohon, pihaknya juga bekerjasama dengan beberapa pihak untuk gelaran aksi sosial dengan membagikan sembako di beberapa daerah di Kalbar.


"Pesan saya, pohon yang kita tanam ini semoga tumbuh subur dan bisa melindungi lingkungan kita, teduh aman dan asri," imbuhnya.


Wakil Ketua TP PKK Kota Pontianak Norhasanah Bahasan menambahkan, penanaman pohon serentak di Kota Pontianak dipusatkan di Pontianak Tenggara yang berlokasi di sepanjang Jalan Paralel Sungai Raya Dalam. 


"Kami dari TP PKK Kota Pontianak ikut mendukung kegiatan penanaman pohon ini untuk pelestarian lingkungan," pungkasnya.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .