Upaya mendisiplinkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam mendukung aturan dan kebijakan pemerintah dalam menekan angka penyebaran dan penularan Covid-19 di perbatasan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns melalui Pos Segumon menghimbau dan membagikan masker gratis kepada warga.


Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau. Sabtu (22/02/2022).


Dansatgas menjelaskan bahwa himbauan dan pembagian masker secara gratis oleh 3 anggota Satgas Pamtas Pos Segumon dipimpin Pratu Gunawan Wijanarko, dilakukan pada Jumat (21/1) kepada warga masyarakat yang melintas di pertigaan jalan menuju Dusun Segumon, Desa Lubuk Sabuk, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.


Dalam pelaksanaannya, selain membagikan masker gratis kepada masyarakat yang tidak memakai masker, juga memberikan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan disiplin menggunakan masker bagi seluruh lapisan masyarakat yang melakukan aktivitas diluar rumah, khususnya saat berada pada tempat umum yang potensial menjadi kerumunan warga.


"Kegiatan yang dilakukan personel Satgas Pamtas membagikan masker gratis ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat secara aktif mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, kedisiplinan dan kesadaran semua pihak dalam mematuhi protokol kesehatan merupakan senjata ampuh dalam melawan Covid-19" , ungkap Dansatgas.


“Kegiatan semacam ini akan terus kami lakukan sebagai upaya membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di daerah perbatasan,“ tambahnya.


Ditempat terpisah Danpos Segumon Letda Inf Ahmad mengatakan pembagian masker gratis, sengaja digelar sebagai wujud kepedulian Satgas Pamtas kepada warga akan pentingnya memakai masker, sekaligus dalam rangka membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah perbatasan


"Kami Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns selalu berusaha untuk mendisiplinkan masyarakat agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan, sehingga masyarakat terhindar dari wabah Virus Covid-19," ujar Danpos.


Salah satu Warga yang melintas bernama Maikel (32) berterima kasih kepada anggota Pos karena telah membagikan masker dan mengingatkan agar selalu patuh terhadap Protokol Kesehatan.


Maikel mengungkapkan kepada anggota Pos Segumon bahwa dirinya selalu menggunakan masker apabila keluar rumah, akan tetapi kali ini Simon sedang terburu-buru hingga lupa tidak menggunakan masker.


Sumber : Pen Satgas Pamtas 643

(Media Baru TVRI Kalbar)