Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., bertindak sebagai inspektur upacara dalam Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak bersama dengan Sertijab Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) I Belawan, dilaksanakan di Lounge Matjan Kumbang Koarmada I, Senin (31/01/2022).


Serah terima jabatan Danlantamal XII Pontianak berdasarkan keputusan Panglima TNI dan Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut, dari Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, kepada Laksamana Pertama TNI  Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR.  Selanjutnya Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman akan menjabat sebagai Kadispotmaral di Jakarta, sementara itu Komandan Lantamal XII yang baru, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal.


Selain dari serah terima jabatan juga dilaksanakan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang bertujuan mengingatkan kepada para pejabat akan pentingnya menjaga integritas dalam melaksanakan tugas. Dengan sumpah jabatan para pejabat lebih amanah dalam melaksanakan tugas-tugasnya di masa mendatang.


Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han)., CIQnR., CIQaR, TNI Suharto, Lahir di Soppeng Sulawesi Selatan. Pada tahun 2010, beliau pernah menjabat sebagai Komandan KRI Dewa Ruci, dan melakukan pelayaran bersejarah keliling dunia bersama KRI Dewa Ruci.  Beliau juga pernah bertigas di Kota Vigo, Spanyol, untuk mengawal pembuatan KRI Bima Suci hingga kapal latih itu selesai dan berlayar ke Indonesia.  Pada Tahun 2017, beliau kembali ke Tanah Air dan ditugaskan di Seskoal, menjabat Kepala Pusat Pengkajian Maritim Seskoal (Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut), dan kemudian pada hari ini, melakukan serah terima jabatan sebagai Danlantamal XII Pontianak.


Pejabat yang hadir dalam serahterima jabatan tersebut, antara lain Pejabat Utama Koarmada I, dan perwakilan  Asisten Danlantamal XII antara lain Asrena Danlantamal XII, Kolonel Laut (S) Agung Widodo, M.Tr.Hanla., Asops Danlantamal XII, Kolonel Laut (P) Erwin Baharudin, M.Tr Hanla., S.H., M.H., Dansatrol Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, S.E., M.Tr.Hanla., M.M.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)