VAKSINASI MARITIM TNI AL LANTAMAL XII BERSINERGI BERSAMA PEMDA KABUPATEN LANDAK


Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, dan Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa, M.H., bersama Pejabat Utama Lantamal XII, meninjau pelaksanaan Vaksinasi Maritim TNI AL Lantamal XII, bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak, yang dilaksanakan oleh Tim Vaksinator Satgas Penanggulangan Covid- 19 Lantamal XII di Desa Rantau Panjang dan Desa Sui Segak Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak Prov. Kalimantan Barat. Rabu (12/01/2022).


Komandan Lantamal XII dan Bupati Landak bersama rombongan berangkat dari Dermaga Satrol Lantamal XII Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak menggunakan Patkamla Selimpai dan Sea Reader berlayar menyusuri alur Sungai Kapuas hanya sampai ke Kuala Mandor, hal ini karena ketinggian air tidak dapat dilalui oleh Patkamla Selimpai, sehingga Komandan Lantamal XII dan Bupati Landak harus menggunakan sarana Speed Boat untuk sampai ke Desa Sui Segak Kec. Sebangki. 



Setibanya rombongan di Desa Sui Segak disambut Camat Sebangki dan Kepala Desa Sui Segak. Selanjutnya rombongan Danlantamal XII dan Bupati Landak meninjau pelaksanaan Vaksinasi  Maritim yang dilaksanakan di Balai Desa Segak.  Rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan sarana Speed Boat dan Sea Reader guna meninjau pelaksanaan Vaksinasi di Desa Rantau Panjang. Setibanya di Dermaga Rantau Panjang rombongan melanjutkan perjalanan menuju sekolah MIS Miftahul Huda Desa Rantau Panjang Kec. Sebangki tempat dilaksanakannya Vaksinasi Maritim dengan menggunakan Sepeda Motor.  


Selesai meninjau pelaksanaan Vaksinasi di Desa Rantau Panjang, Bupati Landak dan Komandan Lantamal XII, menandatangani prasasti peresmian “Pelabuhan Rakyat Putri Dara Hitam” Desa Rantau Panjang, Kec. Sebangki Kab. Landak, dan menyerahkan bantuan Listrik Tenaga Surya kepada Masyarakat Sebangki.



Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros, selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19, menyampaikan bahwa pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di dua desa tersebut, sejalan dengan perintah  Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk memberikan  pelayanan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat dengan humanis.  Target capaian dalam kegiatan vaksinasi maritim ini sekitar 1000 dosis. 

 

Sementara itu, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa, M.H., saat menyusuri alur sungai Kapuas kepada awak media menyampaikan, gelar vaksinasi tersebut dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi 70% di wilayah Kabupaten Landak.


“Hari ini kami bersama Lantamal XII yang dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal XII bekerjasama, menyisir masyarakat yang ada dipedalaman, agar dapat memperoleh vaksinasi dosis pertama, hal ini dilakukan untuk mencepat target paling tidak 70 % vaksinasi pertama. Selanjutnya akan ada booster jika kita telah mencapai target tersebut. Oleh karena itu, hari ini kita akan mengunjungi Kecamatan Sebangki Desa Rantau Panjang dan Desa Sui Segak, dimana Desa ini berbatasan langsung dengan Kab. Kubu Raya dan desa ini merupakan desa yang sangat sulit dijangkau melalui jalan darat. Saat ini saya bersama pimpinan Lantamal XII bersama seluruh personel menyusuri sungai dan kita akan mengajak masyarakat agar dapat divaksin, sehingga target dapat tercapai”, ujar Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa, M.H.


Ia juga menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat tetap mendukung vaksinasi Covid-19, agar masyarakat sehat dan aman dari virus corona. Ditambahkan, bagi masyararakat yang sudah menerima vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I











0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .